HomeJAWA TIMURBLITARUnggah Editan Presiden Jokowi dan MK, Perempuan Blitar Ini Terancam UU ITE

Unggah Editan Presiden Jokowi dan MK, Perempuan Blitar Ini Terancam UU ITE

Kapolres Blitar Kota, Adewira Negara Sinegar (tengah) menunjukkan barang bukti unggahan akun Aida Konveksi yang mengunggah foto editan presiden dan hakim MK.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Akun Facebook ‘Aida Konveksi’ yang pemiliknya diketahui IF (44 thn) warga Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar terancam melanggar undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kapolres Blitar AKBP Adewira Negara Sinegar mengatakan kalau kini pihaknya telah mengamankan perempuan yang pekerjaannya wiraswasta ini, untuk diperiksa terkait unggahan gambar-gambar editan terhadap Presiden Jokowi dan hakim MK.

“Sampai hari ini masih kita periksa, setelah itu, baru kita gelar perkara untuk tentukan apakah cukup bukti jadi tersangka,” kata Adewira dalam keterangan persnya, Selasa (2/7/2019).

Adewira mengungkapkan hasil pemeriksaan sementara, kalau pelaku ini menyatakan mendapatkan informasi tersebut dari postingan orang lain. Kemudian disebarkan melalui akun pribadi media sosialnya di Facebook.

Dimungkinkan pelaku ini bergabung dalam grup pendukung salah satu paslon yang kalah di pemilu kemarin. Hingga pelaku tanpa berpikir panjang langsung membagikan kembali unggahan di grup itu ke akun pribadinya.

“Kami tidak mengarah kesana. Kami saat ini fokus ke apakah pelaku ini pada malam hari menyebarkan konten ini. Lalu apakah ada unsur kesengajaan atau tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut Polres Blitar  berusaha untuk segera mungkin menyelesaikan kasus ini. Supaya masyarakat menjadi lebih berhati-hati dalam bermedia sosial agar tidak tersangkut kasus hukum.

“Kami berupaya agar segera diselesaikan sehingga memberikan pelajaran kepada orang lain untuk hati-hati dalam menyebarkan konten. Karena UU ITE sendiri sangat berat ancaman hukuman lebih dari 5 tahun penjara dan denda satu miliar,” kata Adewira.

Diberitakan sebelumnya unggahan akun Facebook ‘Aida Konveksi’ sempat membuat geger masyarakat. Sebab mengunggah editan foto Presiden Jokowi digabung dengan mumi yang diberi tulisan ‘the new firaun’ serta foto editan hakim MK yang kepalanya diganti kepala hewan anjing diberi tulisan ‘iblis berwajah anjing’. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...