HomeBERITAUniversitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang Gelar Dies Natalis ke-26

Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang Gelar Dies Natalis ke-26

Universitas Sriwijaya gelar Dies Natalis ke-62

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang menggelar Dies Natalis Unsri ke-62 bertempat di Graha Sriwijaya UNSRI Palembang, Kamis (3/11/2022).

Turut hadir Gubernur Sumsel H Herman Deru serta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang merupakan alumni Unsri Dr. Ir. Isma Yatun, M.T., CSFA.

Gubernur H Herman Deru mengatakan  usia ke-62 Unsri, tidak mudah mencapai usia 62 tahun banyak pengorbanan baik dana, atau pemikiran yang telah tercurahkan.

Baca Juga : Polda Sumsel Rilis Nomor Bantuan Polisi pada Aplikasi Whatsapp

Lanjut, ia menyebutkan Energi baru terbarukan, dimana lanjutnya masyarakat harus bangga bahwa di Indonesia ada satu kota yang 100 persen energinya baru terbarukan yakni Kota Pagaralam.

“Ini harus kita publis bukan hanya wisata tapi menjadi icon pengguna energi terbarukan sebab listrik kota yang dialirkan sungai disana. Saya minta dukungan Ketua BPK RI dan juga Unsri bagaimana menciptakan alat dan moda transportasi emisi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, Isma Yatun dalam orasi ilmiahnya yang bertema kampus merdeka berbasis teknologi informasi. Hal ini menurutnya upaya mewujudkan perguruan tinggi yang mandiri untuk menghasilkan SDM unggul berakhlak mulia sehingga menjadi kampus terkemuka di Indonesia.

Sebagai Alumni Unsri, ia menilai, Teknologi merupakan keniscahyaan, oleh karena itu pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam menjawab tantangan ke depan.

“Teknologi menjadi utama, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah intelektual. Untuk itu kita harus siap mengimplementasi kampus merdeka berbasis TI,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Rektor Unsri Prof Anis Saggaff mengatakan bahwa dalam kurun 62 tahun semua telah berperan membangun bangsa dan negara yang berfokus pada pembangunan SDM yang cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri.

“Unsri mempunyai visi menjadi perguruan tinggi yangv terkemuka berbasis riset yang unggul yang mencatumkan enam misi. Tak hanya itu Unsri juga bertekad untuk menjadi Unsri menjadi Wold Class University,” ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan Unsri menuju mandiri atau Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

“PTN-BH artinya mandiri sehingga mencari uang bukan minta dengan mahasiswa. Kalau satker dan BLU masih mengumpulkan dari mahasiswa. Jadi yang akan datang kita harus bebaskan dari uang apapun untuk kepentingan,” katanya.

Baca Juga : Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Penggunaan Sistem Informasi “SIGAP-SUMSEL”

“Misalnya kita bangun pusat pelatihan. Kita buat pelatihan mulai dari SMA hingga perguruan tinggi swasta yang ingin mendalami keterampilan tertentu itu bisa dibuat latihan dengan membayar. Sehingga itu menjadi pemasukan jadi tidak lagi pemasukan dari UKT. Kalau PTN-BH kita dibebaskan berusaha termasuk dari hasil-hasil karya riset anak-anak dipatenkan. Kemudian diproduksi massal bersama-sama dengan mitra luar itu menghasilkan bisa dapat royalti. Dosen kita banyak yang buat penemuan baik itu kosmetik kemudian alat-alat engineering di situ. Tapi kalau BLU tidak bisa karena masih dipegang oleh Tridharma, jadi kalau BLU itu belum bebas” tutupnya. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...