HomeBERITAUrusan Ranjang Bisa Berdampak pada Resiliensi Psikologis Keluarga

Urusan Ranjang Bisa Berdampak pada Resiliensi Psikologis Keluarga

Ifada Nur Rohmaniah, M.Psi., Psikolog.

TULUNGAGUNG, SMNNews.co.id – Setiap lekuk kehidupan pasangan suami istri membawa pada konsekuensi logis. Toleransi membawa terhadap ketidakpastian yang panjang butuh kemampuan beradaptasi terutama dikondisi Pandemi Covid-19, Rabu (11/6).

Kondisi diluar boleh dikatakan mencekam, tetapi urusan intim (ranjang) harus terus berjalan. Konstruksi otak laki-laki atas kebutuhan seksualitas menjadi latar belakang namun bukan berarti egois, sehingga perlu pemahaman dan komunikasi terbuka.

Relasi intim suami istri ketika di rumah perlu terus dibangun, aktifitas, ketahanan di ranjang pun perlu dijaga untuk ritme dan kenyamanan pada pasangan, terlepas situasi yang terjadi, sehingga kondisi nyaman pada psikologis pasangan terjaga dan tentunya berdampak pada penguatan psikologis anak-anak.

Foto bersama di Sekretariat KPAD Kabupaten Tulungagung.

Ifada Nur Rohmaniah, M.Psi., Psikolog Konsultan Psikologi mengungkapkan, “Orang tua yang memiliki jalinan manis dan mesra tak perlu ragu untuk mengekspresikan dalam hal masih konteks wajar. Anak akan merasa aman ketika melihat kedua pasangannya menjalin kasih ketahanan mental anggota keluarga terdampak energi positif dari kehidupan berpasangan suami istri,” terang Ifada Nur Rohmaniah.

Hal itu dibenarkan oleh Praktisi Pendidikan dan seksualitas Ali Hamdan M. PdI, “Bahwa kebutuhan biologis terutama laki-laki tak sepenuhnya memahami sikon yang ada artinya kebutuhan ranjang-relasi intim kebutuhan yang terpenuhi,” ungkap Ali Hamdan. (Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Laksanakan Groundbreaking Pembangunan Gedung Baru 8 Lantai

BLITAR, SMNNews.co.id - RSUD Ngudi Waluyo Wlingi melaksanakan Groundbreaking Pembangunan Gedung Baru 8 Lantai untuk meningkatkan pelayanan yang lebih unggul, Senin (22/04/2024). Direktur RSUD Ngudi...

Bupati Blitar Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Tahun Anggaran 2023 Desa Modangan Nglegok

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar melaksanakan Deklarasi Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional dan menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Tahun Anggaran 2023, Senin (22/04/2024) di Desa...

Bupati Blitar Hadiri Groundbreaking Pembangunan Gedung Rawat Inap 8 Lantai RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Groundbreaking dimulainya pembangunan gedung rawat Inap 8 lantai RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Senin (22/04/2024). Turut Hadir...