HomeBERITAUsung Misi Kebudayaan, Seniman Reog Ponorogo Pentas ke Eropa

Usung Misi Kebudayaan, Seniman Reog Ponorogo Pentas ke Eropa

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memberangkatkan kontingen seniman Reog Ponorogo ke Eropa dengan memecahkan kendi di depan bus, Selasa (6/9/2022)

PONOROGO, SMNNews.co.id – Usai tampil di Istana Merdeka, Reog Ponorogo kini melanglang buana. Seniman reog yang terdiri 14 orang, diberangkatkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko untuk misi kebudayaan ke Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis.

“Tampil secara total di empat negara Eropa untuk membuka mata dunia bahwa Reog Ponorogo layak sebagai warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO,’’ kata Kang Bupati sapaan Bupati Sugiri Sancoko, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga : Unik! Tari Keling Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo, Berikut Ulasanya

Menurut dia, Reog Ponorogo sejak lama kerap diundang untuk unjuk muka di sejumlah event internasional. Kali ini berbeda karena Pemkab Ponorogo sengaja mengirim rombongan seniman tanpa ada pejabat yang mendampingi.

“Ini murni pekerjaan seni. Saya juga tidak ikut karena ada hal penting lainnya yang harus dikerjakan di Ponorogo,” terangnya.

Kang Bupati mengungkapkan, 14 seniman reog yang melakukan lawatan muhibah ke Eropa itu memiliki keahlian lebih. Mereka adalah perwakilan dari sejumlah sanggar tari yang ada di Ponorogo.

Bahkan, masing-masing mampu menarikan berbagai tokoh kesenian reog sekaligus memainkan alat musiknya.

Baca Juga : Mantap! Reog Ponorogo Torehkan Tiga Catatan Rekor MURI dalam Tiga Bulan

“Multi talenta, mereka adalah para duta kesenian yang akan tampil habis-habisan demi mengharumkan nama Ponorogo di kancah dunia,” ungkapnya.

Bersamaan itu, kontingen reog juga ikut memamerkan beragam produk asli Ponorogo. Mulai batik hingga hasil kerajinan tangan lainnya. Pameran produk akan menyertai setiap pementasan reog di empat negara belahan Eropa itu.

“Selain ada pentas kesenian, di sana ada forum bisnis,” ujarnya. ***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...