HomeJAWA TIMURMOJOKERTOVerifikasi Lapangan Pelayanan Ramah Anak (PRA) UPT Puskesmas Gondang

Verifikasi Lapangan Pelayanan Ramah Anak (PRA) UPT Puskesmas Gondang

Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi dalam memberikan sambutan.

Mojokerto, suaramedianasional.co.id – Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi beserta Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi, menerima tim verifikasi lapangan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, terkait  penghargaan kategori Pelayanan Ramah Anak (PRA) Terbaik pada UPT Puskesmas Gondang, Rabu (15/5) pagi.

Dalam sambutan selamat datangnya, wabup mengatakan bahwa PRA di puskesmas dilakukan berdasarkan pemenuhan, perlindungan, dan penghargaan atas hak-hak anak sesuai prinsip-prinsip perlindungan anak.

“Prinsip perlindungan anak yaitu non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, serta penghargaan terhadap pendapat anak,” kata wabup.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam pemenuhan hak anak, juga diwujudkan dengan membentuk wadah juga dibentuk untuk mewujudkan komitmen tersebut, salah satunya yakni Forum Anak Majapahit. Wabup menilai anak-anak masa kini telah berkembang menjadi pribadi yang lebih terbuka, kritis, namun cerdas. Diperlukan adanya suatu wadah untuk menampung dan mengarahkan.

“Anak-anak era sekarang luar biasa, confidence, dan cerdas. Berani tampil, dan berpendapat. Ini suatu kemajuan. Dunia sudah tidak step by step seperti anak tangga. Kita bahkan sudah meloncat. Terlebih dalam era milenial dan Revolusi Industri 4.0. Jadi semua harus diimbangi dengan controlling dan pengarahan yang tepat,” tambah wabup.

Mega Yolanda Kasubid Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan Wilayah II Kementrian PPPA RI, dalam acara ini mengatakan bahwa PRA sendiri adalah salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Pengukuran KLA menggunakan 24 indikator yang mencerminkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dari aspek kelembagaan dan 5 (kluster) substansi Konvensi Hak Anak (KHA).

Salah satu klaster substansi tersebut yaitu klaster ke-3 tentang “kesehatan dasar dan kesejahteraan” yang diukur melalui 9 (sembilan) indikator, dimana salah satu indikatornya yakni PRA pada puskesmas.

Dalam perkembangannya sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang puskesmas, puskesmas ramah anak mengalami perubahan menjadi pelayanan ramah anak di puskesmas. Pada tahun 2015, KPPA telah menyusun panduan model pengembangan PRA di puskesmas.

“Puskesmas adalah sarana pertama fasilitas kesehatan, sebelum RS dan sebagainya. Jadi harus dimaksimalkan dengan baik semua sarana dan pelayanannnya,” singkat Mega.

Rombongan tim verifikasi tiba di lokasi dengan disambut gerak dan tari Aksi Anak Berani oleh anak-anak TK. Kampanye dibuat untuk mengajarkan anak sedini mungkin, mengenali anggota tubuhnya yang tidak boleh dipegang sembarang orang. Tujuannya tidak lain adalah, memberi pengetahuan dan awareness terhadap kemungkinan ancaman tindakan kejahatan asusila yang mungkin terjadi.

Secara lengkap hadir pula dalam acara ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Agus M. Anas, serta OPD terkait diantaranya Kepala Dinas P2KBP2 Joedha Hadi, dan Kepala Dinas Kesehatan Didik Chusnul Yakin. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...