HomeBERITAWabup Blitar Dampingi Kajati Jatim Kunker di Pemkab Blitar, Terkait Rumah Restorasi...

Wabup Blitar Dampingi Kajati Jatim Kunker di Pemkab Blitar, Terkait Rumah Restorasi Justice RJ

Wabup Blitar dan Kapolres Blitar saat mendampingi Kajati Jatim

BLITAR, SMNNews.co.id – Kabupaten Blitar siap memenuhi permintaan Kejati untuk bisa menambah rumah Restorasi Justice (RJ) di Blitar, Rabu (31/08/2022).

“Kami siap membantu mempermudah penyelesaian kasus atau perkara di luar pengadilan,” jelas Wabup Blitar Rahmat Santoso Usai mendampingi kunjungan kerja Kajati Jatim di Kabupaten Blitar.

Menurut Wabup Blitar Rahmat Santoso yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) mengatakan, “kita apresiasi program dari Kejati Jawa Timur dan siap untuk menambah rumah RJ di Blitar, karena ini juga termasuk dari bagian Pemerintah Kabupaten Blitar Blitar dalam menegakkan keadilan yang humanis,” tegas Wabup Rahmat Santoso.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., mengunjungi Kabupaten Blitar dalam agenda pengarahan kepada OPD dan penyerahan hibah tanah Kejaksaan Negeri Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Untuk Mencegah Konflik, Wabup Blitar Minta BPN Survei Lokasi Sebelum Terbitkan HGU

Acara Berlangsung di Pendopo RHN dihadiri oleh Bupati Blitar Hj Rini Syarifah, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Forkompinda Kabupaten Blitar, Kepala OPD, Para Camat dan Kepala Desa.

Menurut Kejati Jatim Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., usai acara mengatakan, pertama kita mengapresiasi kepada Bupati Blitar dan Pemda serta jajarannya, karena sudah terwujud hibah untuk pembagunan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Blitar. Sesuai ketentuan UU kami wajib membangun sarana dan prasarana yang sangat di butuhkan dan Alhamdulillah Pemda Daerah sudah memberikan sarana berupa hibah tanah seluas 10.000 M2

Dr. Mia Amiati Kajati Jatim menambahkan, kita tadi juga mensosialisasikan kepada teman-teman OPD dan Alhamdulillah sangat kondusif, semua teman-teman sudah melakukan kegiatan sesuai dengan aturan, tetapi kita tetap harus mengingatkan agar ke depan tidak ada lagi masalah hukum bagi teman teman OPD.

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur saat kunker di Pemkab Blitar

“Peran kejaksaan jelas melakukan pendampingan dan tidak boleh menyentuh kegiatan penentuan pemenang lelang,” ungkap Dr. Mia.

Terkait Restorasi Justice (RJ) menurut Kajati Jatim, RJ ini dibangun oleh Jaksa Agung sebagai proses penegakan hukum yang humanis. Selama ini masyarakat menganggap hukum itu tajam kebawah tumpul ke atas, namun hukum bisa tajam keatas humanis ke bawah.

Artinya pelaku tindak pidana tersebut berbuat kejahatan karena kebutuhan ekonomi ada kesempatan bukan karena niat jahat, kedua bukan residivis baru pertama kali melakukan dan kerugian dari korban tidak lebih dari Rp 2,5 juta, ancaman pidananya tidak lebih dari 5 tahun,” jelas Kajati Jatim.

“Alhamdulillah kita di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur mendapat apresiasi dari Kejaksaan Agung mendapat rangking satu, karena sudah membangun rumah RJ terbanyak di Indonesia yanki berjumlah 221 rumah,” ujar Dr. Mia.

Baca Juga : Wabup Blitar Minta Penanganannya Stunting Harus Bersinergi dan Solid

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk memperbanyak rumah Restorasi Justice (RJ), karena Kabupaten Blitar baru ada tiga rumah RJ.

Menurut Dr Mia Amiati, Rumah Restorasi Justice adalah tempat menyelesaikan masalah maupun perkara pidana ringan di luar pengadilan. Keberadaan rumah RJ menjadi penting bagi penyelesaian perkara ringan dan juga memudahkan bagi kepala desa.

“Kita hadir disini juga dalam rangka membantu teman-teman OPD juga tadi para Kepala Desa yang kesulitan dalam pengunaan ADD nya. Tugas kami agar mereka bisa melaksanakan sebaik mungkin, terutama dalam proses pengunaan anggarannya dan pertanggung jawabannya keuangannya, karena tidak semua Kepala Desa paham,” pungkas Dr. Mia Amiati S.H., M.H. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...