HomeJAWA TIMURBLITARWabup Blitar Hadiri Malam Pengesahan Warga PSHT Cabang Blitar, Warga PSHT Ucapkan...

Wabup Blitar Hadiri Malam Pengesahan Warga PSHT Cabang Blitar, Warga PSHT Ucapkan Terima Kasih

Wakil bupati Blitar dan pengurus PSHT Blitar saat dalam acara pengesahan warga PSHT Cabang Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id – Acara pengesahan warga PSHT Cabang Blitar digelar dengan meriah. Hadir dalam acara tersebut Wabup Blitar, Kades Karangsono, pengurus PSHT cabang Blitar, dan siswa yang akan disahkan menjadi warga PSHT cabang Blitar. Acara ini bertempat di rumah makan mentok pedas Kanigoro, Senin (01/08/2022) malam.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris PSHT Cabang Kabupaten Blitar, Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono (Bagas) saat disela-sela acara Syukuran Warga Baru PSHT Cabang Kabupaten Blitar.

“Wabup Blitar begitu tertarik, saat melihat rangkaian seperti Ayam Ingkung dan juga Buceng sembilan jenis yang digunakan untuk pengesahan warga baru pada waktu malam satu Suro, malam pengesahan kemarin,” ucap Bagas.

Lanjut Bagas, Pak Wabup yang saat itu hadir langsung dalam pengesahan warga baru, dari ketertarikan itu akhirnya ikut mengikuti prosesi hingga upacara sakral yang menjadi prosesi inti dalam acara tersebut hingga selesai.

Baca Juga : Hadiri Malam Tasyakuran PSHT, Wabup Blitar Rahmat Santoso : Terus Mendukung Penuh Program Pembangunan di Kabupaten Blitar

“Ya mungkin karena pak Wabup selalu di kota sehingga mungkin kurang tahu lebih dalam terkait budaya Jawa, khususnya pada prosesi pengesahan warga baru PSHT Cabang Kabupaten Blitar ini. Karena dalam prosesi memang wajib menggunakan rangkaian seperti Buceng hingga sembilan jenis, termasuk Buceng kuat, Buceng robyong, Buceng tolak dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Contohnya Buceng tolak, merupakan sebuah nasi yang dibentuk seperti gunung yang di balut telur dadar dari ujung hingga pangkal Buceng, hal itu kami yakini bahwa kuatnya hati warga PSHT sebesar gunung, bersihnya hati seputih nasi, dan juga telur dadarnya itu dimaknai bisa menolak segala gangguan baik maupun gangguan serangan yang tak kasat mata,” tegas Bagas.

Bagas mewakili seluruh kepengurusan PSHT Cabang Kabupaten Blitar mengucapkan, terima kasih sebesar-besarnya kepada Wabup Blitar Rahmat Santoso atas kehadiran dan apresiasi yang diberikan kepada kami pada pengesahan Warga baru PSHT Cabang Blitar.

“Dan bapak Wabup nantinya akan bergabung. Kami sangat bersyukur Alhamdulilah, karena Bupati dan Wakil Bupati memang secara otomatis menjadi pembina organisasi yang ada diwilayahnya dan menjadi pembina kami,” ujarnya.

Kami juga berharap, PSHT ini bisa bersatu rukun dan nyawiji PSHT hanya ada satu yaitu PSHT yang berpusat di Madiun yang diketuai oleh Kang mas DR Mohammad Taufik MSI,” harapnya.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengapresiasi budaya Jawa saat ini tetap berlangsung dan dilestarikan oleh Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Percepat Vaksinasi Booster, Polres Blitar Kota Gelar Vaksinasi untuk Mahasiswa di Kampus Universitas Blitar

Sementara itu, Wabup Blitar Rahmat Santoso dalam sambutanya menyampaikan, semua perguruan pencak silat di Indonesia telah memiliki andil besar bagi bangsa dan negara ini, pada masa penjajahan perguruan pencak silat telah ikut mengusir para penjajah dan sekarang ini adalah saatnya untuk mengisi kemerdekaan tersebut dengan turut membantu dan menjaga keamanan daerah termasuk Kabupaten Blitar.

“Berbagai perguruan silat yang ada juga mempunyai andil besar dalam kegiatan yang bersifat sosial. Untuk itu, dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih atas sumbangsihnya bagi Kabupaten Blitar. Peran serta teman-teman semua masih terus kami harapkan agar cita-cita mulia terwujudnya masyarakat sejahtera dan mandiri segera tercapai,” terang Rahmat Santoso. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Telan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron Diwarnai Kelaparan

MADIUN, SMNNews.co.id - Anggaran biaya pengisian perangkat desa Tiron yang dibebankan APBDes hingga ratusan juta rupiah dikeluhkan beberapa peserta saat melaksanakan ujian tulis. Pasalnya, ujian...

Pastikan Berjalan Lancar Dan Aman, Babinsa Koramil Doko Dampingi Penyaluran BLT DD Kepada Warga Binaannya

Blitar - SMNNews.co.id - Babinsa Koramil Tipe B 0808/13 Doko Kodim 0808/Blitar Serda Anas Sugiarto bersama Bhabinkamtibmas selalu bersinergi untuk melaksanakan kegiatan pendampingan penyaluran...

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2022

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Rapat koordinasi dan evaluasi distribusi pupuk bersubsidi diwilayah Kabupaten Indramayu yang diselenggarakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu....