HomeBERITAWabup Blitar Rahmat Santoso, Menjadi Satu-Satunya Wakil Kepala Daerah yang Diundang Dalam...

Wabup Blitar Rahmat Santoso, Menjadi Satu-Satunya Wakil Kepala Daerah yang Diundang Dalam Launching Proyek Efisiensi Energi

Wabub Bilitar Rahmat Santoso saat menghadiri undangan Kementerian ESDM dalam acara launching Proyek Efisiensi Energi

BLITAR, SMNNews.co.id – Wabup Blitar Rahmat Santoso diundang Kementerian ESDM ke Jakarta guna menghadiri Launching Proyek Efisiensi Energi.

“Dari daftar undangan, hanya saya satu-satunya wakil kepala daerah yang diundang,” kata Wabup, Selasa (23/8/2022).

Wabub Bilitar Rahmat Santoso menambahkan, kalau sesuai undangan acara ini dalam rangka mendorong usaha konservasi energi, melalui penerapan model bisnis Energy Service Company (ESCO).

“Kerjasama Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi dengan UNDP untuk memberikan bantuan teknis pada proyek efisiensi energi pada sistem tata cahaya bangunan,” jelasnya.

Baca Juga : Wabup Blitar Minta Penanganannya Stunting Harus Bersinergi dan Solid

Dalam acara launching yang digelar di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jalan Sudirman, Jakarta. Sesuai daftar undangan, memang hanya Wakil Bupati Blitar satu-satunya wakil kepala daerah yang diundang.

Sementara 34 undangan lainnya terdiri dari Sekjen Kementerian ESDM beserta jajaran, pihak yang terkait dalam proyek yang dilaunching dan pihak swasta yang mendukungnya.

Adapun efisiensi energi yang bisa diterapkan di Kabupaten Blitar menurut Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini, diantaranya penggunaan energi matahari (Solar Cell).

“Seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) yang selama ini masih menggunakan listrik,” tandasnya.

Menurutnya, hal itu menyesuaikan dengan kondisi geografis di masing-masing daerah, sumber energi alternatif atau terbarukan bisa energi matahari atau air.

Selain itu, dalam proyek efisiensi energi ini, tidak hanya disampaikan konversi energi baru, tapi juga skema pembiayaanya. Seperti menggunakan energi matahari, nanti akan ada sistem pembiayaan yang efisien dan tidak memberatkan daerah,” pungkas Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI) ini.

Baca Juga : Wakil Bupati Blitar Lepas 450 Personil Yonif 511 ke Papua : Pesan Berangkat Lengkap Pulang Utuh

Wabub Bilitar Rahmat Santoso juga menyampaikan, semoga dengan diundangnya Kabupaten Blitar dalam launching ini, selanjutnya bisa memberikan manfaat dalam upaya hemat energi dan mendukung program pemerintah dalam efisiensi energi.

“Karena ada OPD yang juga mengikuti launching ini secara daring, jadi bisa ditindak lanjuti kedepannya,” tutup Wabup Blitar. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Ratusan Warga Pohuwato Gorontalo Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

POHUWATO, SMNNews.co.id - Doa terus mengalir untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Diantaranya dari masyarakat Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Ratusan orang menggelar doa bersama...