HomeBERITAWabup Pasaman Resmi Buka Seleksi Calon Peserta Jambore Nasional Pramuka ke-XI

Wabup Pasaman Resmi Buka Seleksi Calon Peserta Jambore Nasional Pramuka ke-XI

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS saat membuka kegiatan seleksi calon peserta Jambore Nasional Pramuka ke-XI tahun 2022

Pasaman, SMNNews.co.id – Wakil Bupati Pasaman Sabar AS membuka secara resmi kegiatan seleksi calon peserta Jambore Nasional Pramuka ke-XI tahun 2022 di Aula Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman, Selasa (20/4) sore.

Dalam arahannya Wabup Pasaman, Sabar AS yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pasaman terpilih periode 2022-2027 itu menyampaikan bahwa Pramuka di gugus depan menjadi garda terdepan dalam pembinaan karakter bagi generasi muda yang berakhlak mulia,terampil dan disiplin serta bertanggung jawab.

Gerakan pramuka merupakan sistem pendidikan nonformal yang mengutamakan nilai-nilai pembentukan watak, kepribadian dan budi pekerti . Hendaknya kegiatan seleksi jambore ini dapat dijadikan sebagai sarana belajar dan berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai anak bangsa.

“Manfaatkanlah kegiatan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara teman teman. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan pramuka dari sekolah lainnya yang sama-sama mengikuti kegiatan seleksi ini,” ujar Ka Kwarcab Pasaman Sabar AS.

Pada kesempatan itu, Wabup Pasaman juga mengajak Gerakan Pramuka Pasaman senantiasa harus bertekad bulat untuk mengabdi tanpa batas waktu, dalam upaya membangun generasi muda Indonesia agar senantiasa melakukan satya dan darmanya sehingga pada gilirannya nanti dapat memimpin dirinya sendiri, memimpin keluarga, memimpin masyarakat dan bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami juga mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan para duta Pramuka ini dapat memberi contoh teladan untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup dapat lebih teratur dan lebih sehat baik dalam masa pandemi Covid-19 maupun pasca pandemi, serta membantu kepada masyarakat dan pemerintah tanpa henti sepanjang masa,” pinta Ka Kwarcab Pasaman.

Selanjutnya, bagi para majelis pembimbing gugus depan, mari kita dukung gerakan pramuka agar dapat semakin memantapkan perannya dalam pembangunan karakter generasi muda untuk melahirkan lapisan dan barisan pemimpin bangsa indonesia yang sesuai dengan satya dan darma pramuka.

“Kita berharap, kegiatan seleksi ini dapat berjalan lancar, sehingga nanti bisa terpilih putra putri terbaik untuk mewakili dan membawa nama baik Kabupaten Pasaman ke tingkat Nasional,” harapnya.

Ketua Harian Nazri Chan didampingi Ketua Pelaksana seleksi Jamnas, Muslim Munir menjelaskan, rangkaian seleksi JamNas ini meliputi PBB, Pionering, Smapur Mourse, Keagamaan, minat bakal dan ujian tertulis.

Dari 27 peserta yang ikut seleksi ini akan terpilih menjadi 16 orang diantaranya, 8 orang putra, dan 8 putri terbaik mewakili Kabupaten Pasaman ke tingkat Nasional mengikuti JamNas – XI pada 14 sampai dengan 22 Agustus 2022 di lokasi Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta,” terang Nazri Chan.

Muslim Munir menambahkan, peserta seleksi JamNas ini berasal dari siswa-siswi utusan dari SMP, Madrasah, Pondok Pesantren sederajat, baik negri maupun swasta se Kabupaten Pasaman.

Pantauan Rakyat Sumbar dilapangan, kegaiatan pembukaan seleksi JamNas ini juga dihadiri oleh, Mabicab Gusman Piliang, Sukardi, Ketua Harian, Wakil Ketua, Pembina Pramuka, dan Dewan Kerja Cabang, serta undangan lainnya. (Mad)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...