HomeSUARA DAERAHWagub Jatim: Pemprov Terus Optimalkan Potensi Bojonegoro

Wagub Jatim: Pemprov Terus Optimalkan Potensi Bojonegoro

Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim berbincang dengan Abimanyu Kepala Bakorwil Bojonegoro saat melakukan kunker di Kab Bojonegoro.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Pemprov Jawa Timur akan terus mengembangkan potensi yang ada di masing-masing kabupaten/kota, salah satunya adalah Kabupaten Bojonegoro. Apalagi, di wilayah tersebut terdapat Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) Bojonegoro sebagai perwakilan Pemprov Jatim di daerah.

“Ketika berbicara mengenai Bojonegoro, salah satu kalimat yang paling sederhana adalah kita tidak mau ayam mati di lumbung pangan. Bojonegoro merupakan kontributor energi terbesar. Jadi ukurannya kalau Bojonegoro ini tidak paling maju itu ada yang aneh, jadi harus kita support semaksimal mungkin,” kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak saat melakukan dialog dengan Forkopimda Kab. Bojonegoro di Kantor Bakorwil Bojonegoro, Selasa (19/2).

Menurutnya, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah keberadaan Sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah Bojonegoro. Keberadaan sungai ini harus menjadi berkah. Namun di sisi lain bisa menjadi tantangan manakala meluap dan efeknya berdampak di sektor pertanian, apalagi Jawa Timur merupakan lumbung pangan nasional.

 

“Tantangannya, jika mengandalkan terlalu banyak tenaga manusia ke pertanian akan sulit, karena di Jawa Timur kontribusi sektor pertanian hanya 12 % yang primer tapi yang bekerja di sektor itu 35 %, jadi sumbangsih ekonomi hanya sepertiga. Untuk itu harus dilakukan diversifikasi dan  meningkatkan nilai tambah pertanian,” jelasnya.

Selain Sungai Bengawan Solo, di wilayah selatan Kab. Bojonegoro juga dilewati Tol Solo-Surabaya, sehingga keberadaannya dapat dimanfaatkan secara ekonomi.

“Kami melihat ada satu gairah untuk segera mendorong industri-industri yang bisa tumbuh di Bojonegoro memanfaatkan akses ini,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, keberadaan Bakorwil akan dijadikan sebagai tempat koordinasi lintas sektoral tetapi fokus kewilayahan. Bakorwil harus dibuka kepada masyarakat luas sebagai perwakilan Pemprov di daerah. Apalagi, pemprov merupakan jembatan antara pusat dan daerah. Menurutnya Bakorwil dapat dijadikan pusat keberadaan millenial job center serta pusat big data.

“Pada saat kita bicara Bakorwil, kita memang bicara positioning. Artinya ada Tuban, ada Bojonegoro dan Lamongan. Hal-hal yang menarik adalah bagaimana konteks kewilayahan ini dirajut dan dieksekusi pelaksanaannya di dalam koordinasi Bakorwil ini,” katanya.

Ke depan, Emil ingin di Bojonegoro ada domestic gas project untuk menopang kawasan industri yang terkoneksi ke jalan tol. Kemudian bisa dilihat infrastruktur untuk gas domestik yang bisa didorong, serta untuk mengembangkan pembangkit listrik yang efektif untuk memastikan ada 24 jam power supply bagi kawasan industri.

“Ini sesuatu yang bukan direncanakan sebulan dua bulan. Jadi ini butuh feasibility study selama setahun, tapi kalau kita ingin mendiversifikasi perekonomian Bojonegoro untuk jangka panjang memang harus dibangun kultur industri itu,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, Pemprov Jatim juga akan melaksanakan beberapa program di Kab. Bojonegoro. Diantaranya melalui Dinas PU Cipta Karya akan membangun RTLH yang akan dikerjakan oleh Korem dan Kodim sebanyak 500 unit. Selanjutnya di sektor perhubungan akan dilakukan pengembangan terminal yakni Terminal Padangan dan Terminal Temayang, serta pengembangan early warning system di perlintasan sebidang.

Di sektor perkebunan, lanjutnya, akan dikembangkan perkebunan tembakau Virginia dan tembakau Jawa. Tembakau ini dibudidayakan sesuai good agriculture practice. Saat ini fokusnya ke arah tembakau termasuk panen dan pasca panennya. Untuk tembakau Virginia, menurut Emil memang saat ini banyak dicari karena karakternya cocok dengan industri rokok sekarang

“Kemudian di bidang ESDM akan ada pengembangan instalasi pemanfaatan gas rawa sambungan listrik untuk rumah tangga miskin, dan di sektor peternakan akan dikembangkan inseminasi buatan,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Bakorwil Bojonegoro, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, Bupati Bojonegoro Hj. Anna Muawanah serta forkopimda di wilayah Kab. Bojonegoro. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...