HomeADVERTORIALWakil Bupati Blitar Hadiri Acara Pembinaan Kewirausahaan kepada Mitra Deradikalisasi BPNT Pusat

Wakil Bupati Blitar Hadiri Acara Pembinaan Kewirausahaan kepada Mitra Deradikalisasi BPNT Pusat

Wakil Bupati Blitar saat memberikan cendramata kepada Direktorat BNPT Pusat

BLITAR, SMNNews.co.id – Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso Hadiri acara BPNT Pusat dengan warga binaan, yang dilaksanakan di Kelurahan Wlingi Kecamatan Wlingi, pada hari Rabu (21/09/2022), di gedung balai pembenihan Kelurahan Babadan Wlingi.

Acara pembinaan kewirausahaan kepada mitra Deradikalisasi dihadiri, Wakil Bupati Blitar, Kepada Dinas Perikanan Kabupaten Blitar, Kesbangpol Kabupaten Blitar, Kepala Koprasi dan UMKM Kabupaten Blitar, Camat Wlingi, Kapolsek Wlingi, Koramil Wlingi dan Warga Binaan.

Ternyata mantan narapidana teroris bukan tidak bisa berubah, terbukti pada Rabu 21 September 2022 para mantan narapidana teroris yang pernah melakukan pidana bisa berubah dan mampu berwirausaha dengan baik dan benar berkat bimbingan dari BNPT.

Baca Juga : Bupati Blitar : Program Sekolah se-Ngajinya Menambah SDM Anak Dibidang Etika dan Budi Pekerti

Hal ini terwujud saat para mantan narapidana yang sudah mendapat bimbingan dari BPNT berkumpul dalam acara yang di hadiri Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso, S.H., M.H dan Subdin Bina Masyarakat Direktorat Deradikalisasi BNPT, Prof. Irfan Idris M.A., Serta 12 Mantan Narapidana Teroris yaitu Pembinaan Kewirausahaan kepada Mitra Deradikalisasi.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena ini bentuk perhatian kepada saudara-saudara kita warga binaan BNPT. Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tapi berkelanjutan dan bermanfaat buat saudara kita dan keluarganya,” kata Wabup.

Wabup dalam hal ini berharap kepada perangkat Daerah terkait, bisa terus melakukan pendampingan, karena ia yakin para napiter bisa sukses menjadi pengusaha.

“Banyak contoh yang sukses, tetap semangat. Jika ada kendala tolong disampaikan kepada Perangkat Daerah yang mendampingi, terutama terkait perizinan, pengemasan, pemasaran dan lainnya,” ungkap Rahmat Santoso.

Rahmat Santoso mengingatkan jika para napiter bisa bekerjasama dengan pelaku UMKM yang sudah ada dan bisa berbagi pengetahuan.

“Jangan lupa manfaatkan tekhnologi yang ada dan perlu diketahui produk UMKM kita telah mengisi pasar modern. Seperti Alfamart dan Indomaret sebagai pendorong untuk mengembangkan usaha sekalian,” pungkas Wabup.

Selain itu, Direktorat Deradikalisasi BNPT Prof. Irfan Idris, M.A menjelaskan, bahwa pihaknya melakukan pembinaan melalui proses seperti pembinaan kewirausahaan, keagamaan dan wawasan kebangsaan secara bertahap.

“Kita berharap mereka kembali ke masyarakat, sibuk dengan keluarga, dan tidak lagi terpapar dengan paham-paham yang bertentangan NKR. Mereka bisa menjaga keamanan, ikut membangun bangsa ini, dan tidak lagi terpengaruh dengan paham transnasional yang ingin mendirikan khilafah bahkan menolak Pancasila,” jelas Irfan.

Sedangkan Salah Satu mantan narapidana teroris dari Blitar, berinisial (AN) mengungkapkan, banyak yang BNPT lakukan pembinaan ia selama di lapas.

“Pertama terkait pembinaan wawasan kebangsaan, terus persiapan keluar dari penjara kita dibantu pembekaalan untuk wirausaha. Lalu ada lagi bantuan masalah surat menyurat terkait perizinan,” tuturnya.

Baca Juga : Bupati Blitar Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Workshop IPS dan Pemulasaraan Jenazah di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

(AN) juga menceritakan, dulu dirinya memang awalnya ingin bagaimana beragama yang benar, namun karena masuk kelompok yang pemahamannya untuk kelompok kita saja, tidak bisa menerima pemahaman dari orang lain.

“Maka saya berpesan kepada masyarakat untuk jangan pernah menutup cara berpikir bagaimana kita berbangsa dan bernegara ini. Jadi jangan terpancing dengan simbol-simbol agama yang di tawarkan orang untuk dijadikan senjata dengan tujuan mereka,” pungkas (AN) yang saat ini berdomisili di Kanigoro dan sudah berwirausaha sembako. (adv/kmf/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...