HomeBERITAWakil Bupati Blitar Hadiri Audensi Terkait HIPPA di Empat Kecamatan Kabupaten Blitar

Wakil Bupati Blitar Hadiri Audensi Terkait HIPPA di Empat Kecamatan Kabupaten Blitar

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso saat menghadiri Audensi Terkait HIPPA

BLITAR, SMNNews.co.id – Audensi HIPPA yang diadakan PUPR Kabupaten Blitar dihadiri Wakil Bupati Blitar, Kepala PDAM Kabupaten Blitar, Kadin PUPR Kabupaten Blitar, Forpimda, Forpimcam, Sembilan Kades dari Empat Kecamatan, Gaputan Kecamatan Gandusari dan Gaputan Kecamatan Talun, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Gandusari, Senin (08/08/2022).

Dalam sesi tanya jawab tersebut, tamu undangan dari LMDH yang dekat dengan asal sumber air, mengajak untuk menanam pohon (Reboisasi) agar sumber air semakin lestari dan besar. Kalau tidak ya seperti ini, penghijauan kurang akhirnya sumber air mengecil dan petani pada ribut terkait giliran pengairan di tiap musim kemarau.

Hal ini juga gayung bersambut dengan apa yang disampaikan LMDH, Kepala Desa Gadungan Dhydiet Setyabudhy, juga turut mengingatkan akan pentingnya penghijauan, khususnya penanaman tanaman keras agar debit air yang mengalir ke sungai untuk irigasi ini meningkat dan mohon juga disikapi adanya dugaan oknum yang memperjualbelikan air (Giliran pengairan) selama ini.

Baca Juga : Buka Festival Kresnayana VIII, Wabup Blitar : Ucapkan Terimakasih Atas Dukungan Warga Blitar

“Tidak seperti saat ini hanya ribut ingin dapat air yang lebih tapi tidak mau berupaya untuk bersama-sama melestarikan penghijauan, karena kalau begini terus air terutama untuk irigasi malah semakin menyusut dan tidak tercukupi. Dan hal ini tidak sesuai perjanjian terkait pembagian air di tahun 1982 lalu,” jelas Kepala Desa Gadungan.

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengatakan, bahwa seandainya terus mempertahankan yang seperti ini akan lama mencari solusinya dan tetap tidak kondusif. Pihaknya mengutarakan solusi tercepat untuk mengatasi masalah air bagi para petani saat ini dengan sumur bor atau pengeboran untuk irigasi.

“Saya rasa solusi paling cepat dan efektif yaitu untuk membuat sumur bor, agar bisa segera membantu mengurai masalah ini. Saya menekankan kepada semua dinas terkait agar hal ini segera untuk ditindaklanjuti dan saya secara pribadi siap untuk membantu pembuatan sumur bor dari dana pribadi saya, supaya masalah ini segera teratasi,” tuturnya.

Lebih lanjut Wabup Rahmat selepas sarasehan atau audiensi mengatakan, mereka semuanya sudah ada perjanjian semenjak tahun 1982 sehingga perlu adanya rembuk bareng untuk mencapai mufakat diantara mereka.

“Kedepannya sudah dibahas terkait penanaman pohon, juga bisa dibantu dengan adanya sungai sudetan yang alas haknya belum jelas. Sementara ahli waris juga tidak mempermasalahkannya dan sudah ada bukti kwitansi dan lain sebagainya. Nanti coba kita diskusikan bersama terlebih dahulu, karena kalau untuk anggaran itu kan bukan ranah saya, kalau masalah keuangan ranahnya di ibu Bupati dan TP2ID jadi ranahnya di sana, kalau anggaran saya tidak ikut campur. Sayakan wakil bupati cuman pengawasan dan pembinaan itu saja,” tandasnya.

Baca Juga : Lokakarya Jurnalistik PWI-AKD Gresik, Pemerasan Bisa Lapor ke Polsek Maupun Polres!

Menjawab pertanyaan media apakah ada persiapan dana pribadi untuk masyarakat tentang pengadaan sumur bor guna kelancaran irigasi, Wabup Rahmat menambahkan, “saya selalu menggunakan dana pribadi tidak pernah menggunakan APBD. Maka dari itu nantinya dari swadaya masyarakat dan adanya pokir-pokir itu kurangnya berapa akan saya tutupi. Apalagi ini kan tahun politik. Nah, monggo di titiki saja yang tidak mengeluarkan apa-apa, hanya ngomong saja,” pungkas Wabup sembari tersenyum. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...