HomeADVERTORIALWali Kota Blitar Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik

Wali Kota Blitar Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik

Walikota Blitar Santoso menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur

BLITAR, SMNNews.co.id – Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Blitar. Kali ini dari bidang Lingkungan Hidup. Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd hari ini, Senin (12/09/2022) menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai Pembina Proklim Terbaik Tingkat Jawa Timur. Penghargaan diserahkan pada acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Internasional, Surabaya. Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Ir. Jajuk Indihartati.

Kebijakan Wali Kota Blitar yang dianggap pro terhadap proklim ditunjukkan dengan menetapkan visi misi RPJMD yang berwawasan lingkungan. Konkritnya dengan mewujudkan Tata Ruang yang Berwawasan Lingkungan Hidup dan Berkeadilan.

Baca Juga : Bupati Rini Syarifah Berharap Produk UMKM Kabupaten Blitar Dikenal Masyarakat Luas

Komitmen Wali Kota Blitar terhadap Program Kampung Iklim juga diraih dengan menerbitkan Regulasi melalui Perda No 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perwali No 72 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kota Blitar, yang mendukung aksi adaptasi dan mitigasi Proklim Kota Blitar.

Wali Kota menjelaskan strategi pelaksanaan proklim diantaranya melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan secara intensif pada lokasi binaan yang diusulkan mengikuti proklim. Selain itu juga diikuti dilakukan Fasilitasi dengan pemberian stimulan bantuan ke masyarakat berupa bibit tanaman, anjang-anjang, lampu LED, biopori, sumur resapan, PJU solar cell dan komposter.

“Hal yang tidak kalah penting adalah dengan membangun jejaring dan MoU kerjasama dengan swasta dan perguruan tinggi. Termasuk mengaplikasikan konsep pemberdayaan masyarakat,” jelas Santoso.

Baca Juga : Wabup Blitar Salurkan BBM Gratis, Guna Ringankan Beban Warga di Tengah Naiknya Harga BBM

Tahun 2022 Pemerintah Kota Blitar mengusulkan 10 calon lokasi proklim utama dan 1 calon lokasi proklim lestari, sehingga Kota Blitar merupakan salah satu kota yang mengusulkan calon lokasi proklim terbanyak se Jawa Timur. Ini sangat mendukung program pemerintah yang mentargetkan tercapainya 20.000 kampung iklim di Tahun 2024.

Kota Blitar merupakan salah satu dari 3 Kab/Kota se Jawa Timur yang mengusulkan proklim lestari, dimana proklim lestari merupakan kategori level tertinggi dari penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK,” pungkas Walikota Blitar Santoso. (adv/kmf/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...