HomeADVERTORIALWali Kota Blitar Terpilih Ikuti DLA yang Merupakan Program Unggulan Kementerian Komunikasi...

Wali Kota Blitar Terpilih Ikuti DLA yang Merupakan Program Unggulan Kementerian Komunikasi dan Informatika

Wali Kota Blitar terpilih untuk mengikuti kegiatan Digital Leadership Academy (DLA) yang merupakan program unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

KOTA, BLITAR, SMNNews.co.id – Wali Kota Blitar terpilih untuk mengikuti kegiatan Digital Leadership Academy (DLA) yang merupakan program unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kamis (24/11/2022).

Pelaksanaan DLA dirancang bersama perguruan tinggi terbaik dunia dengan tujuan untuk akselerasi transformasi digital. Kegiatan yang berlangsung di Singapura ini dimulai sejak tanggal 22 November hingga 27 November 2022.

DLA ini diikuti oleh 20 Bupati/Wali Kota terpilih dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Baca Juga : Jalin Sinergitas! Pemkot Blitar Gelar Silaturahmi dan Pembinaan Insan Media

Terpilihnya Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjadi salah satu peserta DLA tidak luput dari prestasi dan komitmennya dalam penerapan digital technology smart city di Kota Blitar.

Kota Blitar berhasil menciptakan inovasi dalam ICT (Information, Communication and Technology) hingga menuai berbagai penghargaan selama masa kepemimpinan Wali Kota Santoso.

Terkait hal ini Wali Kota Blitar Santoso menuturkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan beberapa kriteria untuk peserta pelatihan yang meliputi Kepala Daerah penerima IGA kategori Kabupaten Terinovatif, Kota Terinovatif. Tertinggal Terinovatif, dan Terluar Terinovatif.

“Lebih dari itu, peserta terpilih juga berasal dari daerah yang memiliki realisasi APBD tertinggi dan inflasi dibawah rata-rata nasional,” tuturnya.

Lanjut Santoso, dalam kegiatan ini kepala daerah terpilih ini menerima sejumlah materi terkait culture of innovation and digital transformation in govemment. Dengan demikian, peserta diharapkan mampu mencari solusi dalam menghadapi tantangan smart city yang berfokus pada sembilan area.

“Kesembilan area tersebut diantaranya, Intelligent Estate (perumahan cerdas), Smart Mobility (mobilitas cerdas) Sustainability (pembangunan berkelanjutan), Advanced Manufacturing (produksi canggih), Urban Agriculture (pertanian perkotaan), Smart Wellness (kesehatan cerdas), Healthcare (perawatan kesehatan), Urban Logistics (logistik perkotaan) dan Cloud Computing (penyimpanan berbasis komputasi),” paparnya.

Pada agenda DLA kali ini akan dilakukan sharing session mengenal budaya dan transformasi digital dalam pemerintahan.

Baca Juga : Wali Kota Blitar Santoso Gelar Gerakan Serentak Penanaman Ubi Jalar

“Peserta juga diajak melakukan beberapa kunjungan seperti ke Smartlab Singapura, Cityscape, hingga Public Service Division untuk menunjang pemahaman mereka terkait solusi menyelesaikan tantangan smart city, belajar teknologi perencanaan tata kota baik fasilitas maupun manfaatnya bagi masyarakat dan bisnis, serta memahami strategi peningkatan pelayanan publik termasuk pengelolaan SDM dan kebijakan whole of government,” pungkas Walikota Blitar.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Blitar juga membangun dialog interaktif bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo terkait pengembangan wilayah smart city di Kota Blitar. (adv/kmf/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...