HomeSUARA DAERAHWali Kota Risma Paparkan Keberhasilan Kelola Kawasan Konservasi Mangrove di Hadapan Peserta...

Wali Kota Risma Paparkan Keberhasilan Kelola Kawasan Konservasi Mangrove di Hadapan Peserta PEMSEA

Pemerintah Kota Surabaya menyambut kedatangan Peserta Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Laut Asia Timur.
Surabaya, suaramedianasional.co.id  – Pemerintah Kota Surabaya menyambut kedatangan Peserta Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Laut Asia Timur atau Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) di rumah dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam, Rabu (24/07).
Peserta tersebut diantaranya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Executive Director PEMSEA beserta seluruh delegasi dari partisipan PAMSEA. Selain dari Negara Indonesia, peserta PAMSEA juga berasal dari luar. Seperti Kamboja, Filipina, Thailand, Singapura, Cina, Japan, Vietnam, Korea dan Timor Leste dan beberapa negara non participan juga hadir. Kehadiran mereka disambut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan hiburan kesenian Reog.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Risma menyampaikan paparannya tentang keberhasilan Surabaya dalam upaya pelestarian lingkungan. Ia menjelaskan bahwa Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur, dengan penduduk mencapai 3,3 jiwa. Sebelumnya banyak tantangan-tantangan terkait dengan masalah lingkungan yang harus diselesaikan, salah satunya terkait penanggulangan masalah banjir.
“Bapak-ibu, dulu banjir di Surabaya mencapai 50 persen, saat ini hanya tinggal 2 persen. Karena letak kota ini ada 5 meter di atas permukaan laut. Lalu saya mengatur strategi untuk menanggulangi semua itu dengan berbagai cara, salah satunya membuat pintu air, kemudian membangun  konservasi hutan mangrove,” kata Wali Kota Risma. Ia juga menjelaskan yang pertama dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan tersebut ialah merubah peruntukkan kawasan timur Surabaya menjadi konservasi kota. Wilayahnya yang mencapai sekitar kurang lebih 2300 hektare, kemudian ditanami mangrove. Hasilnya, kini kondisi kawasan timur Surabaya sudah kembali seperti sebelum tahun 1998.
“Dulunya mangrove itu sempat rusak saat 1998, kayu-kayu itu untuk arang, kemudian saya coba untuk menata kembali dengan bekerja sama dengan anak-anak dan semua warga termasuk dari militer,” jelasnya.
Namun, pihaknya mengaku bahwa kawasan itu tidak dialiri dengan listrik. Alasannya, selain dijadikan kawasan wisata, tempat itu juga digunakan sebagai konstruksi alami. Bahkan, kini kawasan mangrove di Surabaya memiliki ekosistem mangrove terbanyak di Indonesia.
Selain itu, pihaknya juga membuat hutan kota dan waduk-waduk baru. Saat ini, wilayah Surabaya yang terkena banjir relative kecil, kurang lebih 2 persen.Sementara itu, Executive Director Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA), Aime Gonzales mengapresiasi komitmen dan kerja keras Wali Kota Risma bersama jajarannya dalam upaya pelestarian lingkungan. (bry)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...