HomeBERITAWalikota Blitar Sosialisasikan Perangi Rokok Ilegal ke Penjual Kelontong dan PKL

Walikota Blitar Sosialisasikan Perangi Rokok Ilegal ke Penjual Kelontong dan PKL

Walikota Blitar Santoso, saat menghadiri sosialisasi rokok ilegal di Balai Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot Blitar) bersama Satpol PP menggelar sosialisasi Undang-undang No. 39 Tahun 2007 yang berisikan tentang cukai rokok. Acara sosialisasi tersebut mengundang para penjual kelontong dan pedagang kaki lima, yang di selenggarakan di Balai Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul. Pada, Senin (22/11/2021).

Walikota Blitar Santoso datang menghadiri pada acara sosialisasi tersebut. Dia mengatakan, untuk perangi penjualan rokok ilegal, karena itu melanggar ketentuan pemerintah dan itu mengurangi pemasukan dari kas negara.

“Toh kas negara itu pada akhirnya juga dipergunakan untuk kepentingan rakyat, baik itu menyangkut pendidikan, kesehatan dan sosial. Maka kegiatan pada siang ini harus betul-betul di pahami oleh masyarakat dan dapat membantu Pemerintah dalam mengendalikan penyebaran rokok ilegal,” kata Walikota Blitar Santoso.

Santoso juga mengungkapkan, bahwa penjualan rokok resmi sangat berpengaruh tinggi pada pemasukan kas negara. Dan contoh dari hasil pemasukan dari kas negara tersebut salah satunya berupa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), yang kini di manfaatkan oleh berbagai instansi, seperti sekarang ini contohnya, di pergunakan untuk sosialisasi rokok ilegal.

Dia juga menambahkan, bahwa Pemkot Blitar saat ini sedang giat-giatnya dalam mensosialisasikan rokok ilegal ke masyarakat Kota Blitar. Agar lebih berwawasan lagi tentang rokok yang di perbolehkan diperjual belikan di pasaran.

“Sosialisasi rokok ilegal ini, tidak hanya dilakukan pada Satpol PP saja tetapi juga dari Disperindag, Diskominfo dan dinas-dinas lainnya,” imbuh Santoso. (adv)

Penulis: Dani Elang Sakti

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...