HomeADVERTORIALWalikota Kediri Ajak Mahasiswa Berperan Aktif Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 Melalui Webinar

Walikota Kediri Ajak Mahasiswa Berperan Aktif Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 Melalui Webinar

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar

Kediri, SMNNews.co.id – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan bagaimana peran mahasiswa dalam penanganan penyebaran covid-19. Hal itu diungkapkan Walikota Kediri saat menjadi narasumber dalam webinar pembekalan KKN tahun 2020 dari rumah, Senin (22/6). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Tribakti. Dimana diikuti 328 Mahasiswa. Di tengah pandemi covid-19 saat ini pembekalan KKN tidak dilaksanakan secara tatap muka langsung, namun secara virtual dengan memanfaatkan teknologi.

ada kesempatan ini, Walikota Kediri menyampaikan kondisi covid-19 di Kota Kediri. Dimana berdasarkan data Gugus Tugas Pusat bersama BNPB per tanggal 15 Juni 2020, Kota Kediri status resikonya kuning. Artinya, dari sedang menuju ke rendah. Jumlah konfirmasi postif di Kota Kediri sebanyak 57, telah dinyatakan sembuh sebanyak 20 orang dan 1 orang meninggal. “Klaster konfirmasi positif di Kota Kediri ini berasal dari luar kota. Paling banyak dari klaster Pabrik Rokok Mustika. Dan sejak tanggal 14 hingga hari ini tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif. Semoga segera berstatus zona hijau,” ujarnya.

Walikota Kediri mengatakan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, mahasiswa juga memiliki peranan yang sangat penting karena mahasiswa ini salah satu agent of change bagi masyarakat. “Kalau dulu yang harus diubah adalah pola pikir sekarang yang harus diubah adalah habbit masyarakat. Pandemi covid-19 ini memang merubah semua yang ada di dunia. Baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan dan sosial. Oleh karena itu kita harus menyamakan frekuensi apa saja yang harus kita ubah,” ujarnya.

Lalu, Walikota Kediri juga menjelaskan peran lain yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam penanganan penyebaran covid-19. Pertama , yang dapat dilakukan adalah memulai tindakan pencegahan covid-19 mulai dari diri sendiri, keluarga, serta lingkungan tempat tinggalnya dengan tetap di rumah saja. Apabila keluar hanya ketika ada kepentingan yang mendesak saja. Kedua , mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama secara online untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik. Serta dapat menggalang donasi yang ditujukan kepada yang membutuhkan di tengah pandemi. Ketiga , mahasiswa dapat melakukan gerakan sosial dengan terjun langsung menjadi relawan satgas covid-19. Mahasiswa dapat pula menjadi relawan dengan menyalurkan bantuan logistik, makanan bergizi, vitamin, masker, dan sebagainya. Keempat , mahasiswa juga bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan mengeksplore bakat dan minat yang selama ini belum tergali. Seperti membuat lagu, belajar editing video atau foto, menulis atau membaca buku. Hasil eksplorasinya bisa dikolaborasi atau bisa juga menyelesaikan hal-hal yang sebelumnya tidak selesai sebelum covid-19. Kelima , mulai menggali ide-ide usaha. Mungkin di masa pandemi ini ada peluang usaha yang bisa berkelanjutan untuk usaha di masa depan.

Walikota Kediri juga memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga produktivitas para milenial. “Pertama tetap disiplin dan buatlah list pekerjaan ataupun tugas yang harus diselesaikan sehingga tetap selesai tepat waktu. Kedua, komunikasi dan koordinasi dengan teman dan dosen harus tetap dijaga. Harus dipastikan penggunaan perangkat dan jaringan internet yang cepat dan stabil untuk mendukung komunikasi berjalan lancar,” pungkasnya.

Dalam webinar ini juga terdapat sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang diberikan kepada Walikota Kediri. Seperti pertanyaan tentang kesiapan Kota Kediri menghadapi era new normal . Menanggapi pertanyaan tersebut, Walikota Kediri menjelaskan di Kota Kediri masyarakat disarankan untuk beradaptasi dengan era saat ini “Kita Alhamdulillah tidak kena PSBB dan kita tidak mau kena PSBB. Di Kota Kediri kita tidak new normal tapi harus menyadarkan masyarakat dengan adaptasi. New normal itu kan kebiasaan baru. Seperti tempat makan boleh buka yang diawal-awal dulu diharuskan take away . Sekarang boleh makan ditempat tapi tidak boleh berlama-lama. Setelah selesai makan ya langsung pulang tidak nongkrong-nongkrong dulu,” pungkasnya.

Terakhir, Walikota Kediri memberikan pesan bahwa KKN adalah pengabdian kepada masyarakat. Jadi mahasiswa harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat. “Masyarakat kita masih banyak yang tidak tahu tentang corona. Kalian harus bikin movement yang mengedukasi masyarakat agar mereka paham,” pesannya.(hms/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...