HomeJAWA TIMURPROBOLINGGOWalikota Probolinggo dan Wakil Walikota, Serta Kapolresta Lakukan Sidak Pasar

Walikota Probolinggo dan Wakil Walikota, Serta Kapolresta Lakukan Sidak Pasar

Walikota Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota Muhammad Soufis Subri dan Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal serta Rombongan saat Sidak di Pasar Baru Kota Probolinggo.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id –
Dibulan Ramadhan ini jadi perhatian Pemerintah Kota Probolinggo. Di pekan pertama Ramadan, Walikota Hadi Zainal Abidin bersama Kapolresta AKBP Alfian Nurizal dan Wakil Walikota Mochammad Soufis Subri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Baru Kota Probolinggo, Senin (13/5) siang.
Dalam sidak, kali ini tidak ditemukan lonjakan harga cukup signifikan yang terjadi, seperti yang dikhawatirkan. Namun, tim satgas pangan akan terus memantau harga kebutuhan pokok agar tidak dipermainkan dan terjadi penimbunan.
Kita semua ketahui menjelang Ramadan, lonjakan harga sempat terjadi pada komoditi bawang putih yang harganya mencapai Rp 80 ribu per kilogramnya. Nah saat ini, harga bawang putih berangsur stabil ke harga Rp 35 ribu per kilogram, per Senin (13/5).
Harga daging ayam dan sapi pun terpantau tidak ada kenaikan harga yang drastis. Daging ayam yang biasanya Rp 30 ribu naik menjadi Rp 33 ribu, sedangkan daging ayam kampung per kilogram Rp 60 ribu. Daging sapi pun masih dikisaran Rp 100 ribu – 105 ribu per kilogram untuk kualitas biasa. Sementara daging sapi kualitas apik masih tetap diharga Rp 110 ribu. “Kami sidak untuk melihat kondisi sekarang, karena kemarin-kemarin ada kenaikan daging ayam dan sapi. Dan, kami berharap menjelang Hari Raya Idul Fitri tidak ada lonjakan yang sangat tinggi,” harap Walikota Hadi.
Walikota Hadi menegaskan, distributor atau pengepul jangan sampai memainkan harga, serta memanfaatkan momen menjelang lebaran. Untuk itu, ada langkah yang diambil untuk mengantisipasi terjadinya kondisi tersebut. Pemerintah Kota Probolinggo bersama Polres Probolinggo Kota, melalui satgas pangan siap melakukan upaya yang dimaksud. “Jangan sampai seenaknya menaikkan harga. Sehingga, masyarakat yang merasakan dampaknya. Stok sejauh ini masih aman semua. Kami akan pantau terus, jangan sampai ada penumpukan di gudang dan kosong di pasaran,” terangnya.
Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal juga membenarkan terkait kondisi harga di pasar saat ini. “Harga bawang putih turun, daging ayam ras ada kenaikan sedikit. Kami pun berharap bahwa tidak ada penimbunan yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Kami dengan satgas pangan akan menekan harga sampai lebaran nanti,” jelas Kapolresta.
Kapolresta AKBP Alfian juga mengimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak mempermainkan harga apalagi sampai melakukan penimbunan. “Karena ada sanksi berat jika terbukti melakukan penimbunan,” tegas kapolresta. (edy)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Pimpin Apel Gabungan Pasca Idul Fitri 1445 H

PASAMAN, SMNNews.co.id - Mengawali cuti bersama ASN Pasca pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman gelar Apel gabungan di halaman Kantor Bupati...

DPD IWO Indonesia Kabupaten Asahan Gelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Asahan menggelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal di Sekretariat IWO Indonesia...

Pemkab Jombang Fasilitasi Pemudik dengan Program Arus Balik Gratis Lebaran 2024

JOMBANG, SMNNews.co.id - Ratusan warga Jombang yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Mudik Arus Balik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur...