Walikota Probolinggo dan Wakil Walikota Silaturahmi Ke Jajaran Forkopimda

Wali kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali kota Soubis Subri didampingi Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo saat berkunjung ke Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Walikota dan Wawali Probolinggo, Hadi Zainal Abidin dan HMS Subri. Usai menyapa jumlah pegawai Pemkot di hari pertama usai dilantik, Hadi bersama HMS Subri juga bersilaturahmi ke jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kamis (31/1).
Saat mengunjungi ke anggota Forkopimda itu, Habib Hadi-HMS Subri didampingi Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo. Mereka mengunjungi ke DPRD, Kodim 0820 dan berakhir di kantor kejari lokal.
Tepat pukul 14.20, orang nomor satu di Kota Probolinggo itu tiba di kantor DPRD di Jalan Suroyo. Disambut Wakil Ketua DPRD, Mukhlas Kurniawan dan Roy Amran serta para pimpinan Alat Kelengkapan Dewan. “Selamat datang di DPRD. Ini-lah kantor kami, rumah kami, rumah rakyat. Dimana di tempat inilah rakyat bisa mengadu, menyampaikan aspirasinya kepada kami, ”tutur Mukhlas, yang menerima kunjungan Wali kota di ruang sidang utama.
Di depan legislatif dan jajaran sekretariat DPRD, Wali kota Hadi mengatakan, ia melaksanakan sejak awal melaksanakan tugas menjadi wali kota setelah dilantik. Ia ingin membangun komunikasi dan sinergitas yang baik dengan dewan.
Wali kota Hadi berharap ke depan, dalam perjalanan pemerintahannya selalu ada koordinasi, dan tidak ada miskomunikasi. “Sambutannya sangat luar biasa. Padahal maksudku cuma ngopi-ngopi saja. Adanya silaturahmi istilah ini, tak kenal maka tak sayang. Saya tidak ingin ada opini-opini yang dikembangkan. Mudah berbicara ke depan bisa duduk bersama melakukan sesuatu yang baik untuk Kota Probolinggo, ”kata Wali kota
Menurutnya, peran DPRD juga sangat strategis dalam pembangunan daerah. “Ke depan, kami ingin bertukar pikiran. kiita harus membahas masalah ini,” kata Hadi
Wali kota juga berharap dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang diambil, bisa saling menggantikan dan sesuai harapan bersama.
Wawali Subri, menambahkan antara eksekutif, legislatif dan yudikatif dapat berjalan dengan baik. Baik kepala daerah dan legislatif semua beridentitas KTP di Kota Probolinggo, yang didiskusikan adalah warga Kota Probolinggo.
Seharusnya, apa pun yang dibahas di dalam pemerintahan yang disetujui adalah warga Kota Probolinggo sendiri. Apapun ukuran dan resolusi, setuju adalah untuk kebaikan masyarakat di Kota Probolinggo. “Perbedaan itu biasa, bukan suatu yang luar biasa. Jika tidak beda itu tidak cantik. Perbedaan ini di kedepankan jadi menantang yang membuat sesuatu menjadi sulit menjadi mudah. Bersama-sama menata Kota Probolinggo, tidak hanya di luar tetapi juga di dalam anggota legislatif. Mari kita bangun kebiasaan berkomunikasi yang santun, ”harapnya .
Usai dari kantor DPRD, Wali Kota Hadi Wawali Subri berkunjung ke Markas Kodim 0820 Probolinggo. Sekitar pukul 15.00, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo menyambut rombongan di pelataran Makodim.
Komandan Kodim merasa sangat tersanjung atas kunjungan pasangan kepala daerah tersebut. Kepada wali kota dan wawali, Letkol Inf Imam Wibowo membeberkan tentang susunan lembaga dan tugas fungsinya. Intinya, pihak Kodim siap membantu dengan Pemerintah Kota Probolinggo sesuai dengan tugas fungsi TNI.
Dandim pun meminta keberadaan tambahan Koramil. Mengingat, saat ini hanya ada dua Koramil (Mayangan dan Wonoasih) yang meng-cover lima kecamatan di Kota Probolinggo. “Ada dua koramil, sedangkan kecamatannya ada lima. Jika Pak Wali menerima, kami siap membuat organisasi baru. Kami siap, ”kata Imam Wibowo.
Ungkapan itu pun direspon positif Wali Kota Hadi setelah ia berkoordinasi dengan Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo. Jika terkait terkait, Koramil akan diupayakan. Syukur-syukur jika setiap kecamatan bisa ada Koramil.
“Berkaitan dengan kesiapan dan fasilitas pendukung lainnya akan kami usahakan cepat terwujud. Koramil baru ini mendesak terkait tingkat keamanan, pelayanan cepat dan tepat. Dengan menyetujui Koramil, masyarakat lebih aman, bisa lebih bersinergi meminta kamtibmas dan bertanggung jawab positif untuk masyarakat, ”ungkap Hadi.
Selanjutnya, Wali kota bersama wawali melanjutkan menyapa Kajari Kota Probolinggo, Martiul di kantornya di Jalan Mastrip. Sekitar setengah jam berada di ruangan Kajari, mereka berbincang santai tentang banyak hal yang berkaitan dengan sinergitas Forkopimda.
Wali kota Hadi menjelaskan, poin penting dari silaturahimnya ke Forkopimda adalah membangun komunikasi dan menjalin hubungan. Lebih baik ke depan bisa menjalin komunikasi yang lebih dalam dan lebih terbuka. Saling mengisi untuk imbalan Kota Probolinggo. “Melalui silaturahim Forkopimda, kami menunjukkan komitmen bersama-sama. Apa yang jadi harapan masyarakat, Insyaallah bisa berjalan dengan baik, ”tutur Hadi Zainal Abidin .
Dalam roadshow-nya, Walikota Hadi, belum ke Kapolres Probolinggo Kota karena informasinya, Kapolresta sedang tidak enak badan. “Akan kami jadwalkan lagi ke Pak Kapolresta,” sambungnya. (edy)