HomeJAWA TIMURPROBOLINGGOWalikota Probolinggo Tandatangani Kerjasama dengan STPTN Jogjakarta

Walikota Probolinggo Tandatangani Kerjasama dengan STPTN Jogjakarta

Walikota Rukmini didampingi Asistenten Pemerintahan Gogol Soedjarwo dan Ketua STPN Sentot Sudirman dalam kegiatan Penandatanganan Kerjasama.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Wali Kota Probolinggo Rukmini masih disibukkan dengan berbagai agenda pemerintahan yang dipimpinnya. Tidak ingin santai-santai membahas tugas. Itu lebih memilih tetap disetujui menyelesaikan amanah.
Hal itu seperti yang terlihat, hari ini (22/1). Wali Kota Rukmini ke Jogjakarta untuk melakukan penandatanganan persetujuan bersama, antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) di Jogjakarta.
Wali kota didampingi Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo; Kepala BPPKAD Imanto; Kabag Pemerintahan Ina Lusilinawati juga berjumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya. Rombongan ini menerima Ketua STPN Jogjakarta Sentot Sudirman di ruang rapat serbaguna STPN.
Kabag Pemerintahan, mengatakan STPN akan memberikan kompetensi di bidang pertanahan untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kota Probolinggo yang ingin menerima program pendidikan di bidang pertanahan khusus pendidikan DIV (Diploma IV) Pertanahan.
“Kerja sama ada memberikan pendidikan dan latihan dengan bimbingan teknis untuk ASN Kota Probolinggo khusus OPD teknis yang memerlukan pertanggungjawaban untuk mendukung pelaksanaan 9 kewenangan pertanahan yang dilimpahkan oleh Kementerian ATR / BPN kepada Pemerintah Daerah,” jelas Ina.
Di bidang perpajakan khusus PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), STPN dapat membantu menyediakan data dasar yang terkait dengan Pemindaian pajak untuk meningkatkan potensi pendapatan daerah. Dengan adanya pembaruan pajak bidang tanah akan mengurangi potensi kerugian penghasilan sehingga meningkatkan PAD untuk pemerintah daerah.
Dasar data bidang tanah dapat digunakan sebagai data yang diberikan macam-macam bidang tanah atau data tentang rumah tangga yang memiliki atau memenuhi bidang tanah tersebut. “Sebagai contoh, data tentang kesejahteraan keluarga dan program pengentasan kemiskinan. Membuat program-program kemiskinan dapat berjalan dengan tepat sasaran sehingga dapat mengurangi kemiskinan di Kota Probolinggo, ”imbuh Ina .
Ketua STPN Jogjakarta Sentot Sudirman menjelaskan, sebagai Sekolah Tinggi, STPN yang memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dapat mendukung pelaksanaan program kegiatan pemerintah khusus di bidang pertanahan. STPN memiliki kemampuan teknis dan nonteknis terkait pertanahan.
Penandatanganan sendiri dilakukan oleh Ketua STPN dan Wali Kota Rukmini disaksikan OPD serta undangan yang hadir. Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut, maka kerja sama dapat dilakukan sejak tahun 2019 ini.
Wali Kota Rukmini mengungkapkan, kerja sama ini menjadi awal pelaksanaan kerja sama dalam berbagai kegiatan khusus di bidang pertanahan. “Berbagai Manfaat dapat diperoleh dengan pengembangan data dasar yang dikembangkan bersama antara Pemerintah Kota Probolinggo yang dikembangkan dengan STPN. OPD teknis yang dapat melakukan kerjasama dengan STPN antara lain BKPSDM, Bappedalitbang, Dinas Perkim dan BPPKAD, ”terangnya. (edy)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...