Warga Desa Wates Gelar Tasyakuran Petani

Nampak di tengah – tengah warga, Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Kapolres Tulungagung, Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Kepala Bulog Tulungagung, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Tulungagung, serta anggota Muspika Kecamatan Sumbergempol.

Tulungagung, suaramedianasional.co.id – Ratusan warga Desa Wates Kecamatan Sumbergempol yang tergabung dalam kelompok Tani Harapa Makmur, Rabu, 24/04/2019 pagi melakukan Tasyakuran Petani  di persahawan desa mereka. Semenjak pagi warga ini berbondong – bondong menuju gubung pertanian yang berada di tengah – tengah tanah persawan desa mereka yang terletak di selatan desa tersebut.

Nampak di tengah – tengah warga yang rata – rata adalah petani padi ini  Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Kapolres Tulungagung, Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Kepala Bulog Tulungagung, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Tulungagung, serta anggota Muspika Kecamatan Sumbergempol.

Ketua kelompok Tani Harapan Makmur Budiono dalam laporanya dihadapan tamu undangan diantaranya mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah  sebagai ungkapan wujud syukur petani desa Wates yang telah memperoleh juara I dalam lomba kelompok tani kategori petani padi tahun 2018, serta peresmian dan penyerahan gubug tani dan panen raya padi yang berlimpah.

Dalam kesempatan ini Budiono juga menginformasikan bahwa luas tanah persawahan yang ditanami padi oleh petani yang akan dipanen padinya ada 72 hektar dengan jenis tanaman padi yaitu padi siherang, beras merah dan beberapa jenis padi lainya.

Budi juga melanjutkan bahwa tanah persawahan milik warga desa Wates yang ditanami tanaman padi dalam setahun sebanyak dua kali dengan hasil sekitar 1000 ton lebih dan satu kali ditanami palawijo dengan jenis tanaman jagung dengan hasil sekitar 700 ton lebih.

Dalam sambutanya Plt.  Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM diacara panen raya ini diantaranya mengucapkan selamat kepada petani desa Wates yang tergabung dalam kelompok Tani Harapan Makmur yang telah memperoleh juara 1 dalam lomba Kelompok Tani kategori petani padi tahun 2018 tingkat Propinsi Jawa Timur dan berharap mudah – mudahan tidak hanya juara tingkat Jawa Timur saja tetapi tingkat nasional.

Selanjutnya Plt.  Bupati berharap kedepan warga Wates supaya selalu bersyukur sehingga tetap diberi keberkahan  panen padi yang melimpah oleh Alloh. dengan panen yang berlimpah ini akhirnya bisa membuat masyarakat desa Wates utamanya dan warga Tulungagug pada umumya bisa hidup yang ayem dan tentram.

Acara ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM  sebagai tanda diserahkannya dan diresmikanya pemakaian Gubug Tani Warga desa Wates, penyerahan bantuan benih padi dan palawija ( jagung ) dari Plt.  Bupati Tulungagung kepada Ketua Kelompok Tani Harapan Makmur Budiono, pelepasan ikan lele ke sungai sebagai bentuk syukuran warga masyarakat Wates oleh Plt Bupati, serta Panen Raya Padi bersama oleh Plt. Bupati Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Kabulog Tulungagung, dan anggota Muspika Kecamatan Sumbergempol.

Acara diakhiri dengan kenduri bersama antara tamu undangan yang hadir dan warga desa Wates Kecamatan Sumbergempol serta pemotongan Tumpeng Oleh Plt. Bupati Tulungagung yang diserahkan kepada Kepala Desa Wates. (*)