HomeBERITAWarga Madiun Was-Was DBD, Dinkes Klaim Sudah Lakukan Antisipasi

Warga Madiun Was-Was DBD, Dinkes Klaim Sudah Lakukan Antisipasi

Kadinkes, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Madiun, Denik Wuryani, saat melayani wawancara wartawan, Selasa (11/1/2022).

MADIUN, SMNNews.co.id – Rawannya DBD yang banyak menyerang warga Kota Madiun di tengah pandemi yang belum usai, tak pelak membuat masyarakat was-was.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, Denik Wuryani, menyatakan bahwa pemerintah kota sebenarnya sudah melakukan antisipasi sejak lama.

Denik juga mengklaim bahwa Dinkes Kota Madiun sudah sering melakukan sosialisasi pada masyarakat, terutama dengan menggencarkan gerakan 3M yakni menutup, menguras dan mengubur.

Gerakan 3M dilakukan dengan sasaran tempat yang berpotensi jadi sumber perkembangbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypty. Nyamuk inilah sarana penular DBD.

“Sebenernya ini sudah kita antisipasi jauh-jauh hari sebelum ada kasus, kita sosialisasi gerakan masyarakat untuk 3M,” tutur Denik Wuryani, di sela aktifitasnya, Selasa (11/1/2022).

Denik juga memaparkan Dinkes Kota Madiun melaksanakan surveilans dan tracing di sekitar titik terjadinya kasus. Kedua langkah ini menjadi pijakan untuk mempertimbangkan apakah diperlukan fogging atau pengasapan, di daerah yang terjangkit DBD.

Bagi warga Kota Madiun sendiri, ancaman DBD cukup membuat cemas apalagi ditambah pandemi Covid-19 yang masih belum usai hingga sekarang ini. (penulis: Dodik Eko P)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...