HomeJAWA TIMURBOJONEGOROWarga Tondomulo-Kedungadem Mendapatkan Sosialisasi Pembentukan Perpustakaan Desa

Warga Tondomulo-Kedungadem Mendapatkan Sosialisasi Pembentukan Perpustakaan Desa

Kegiatan sosialisasi Pembentukan Perpustakaan Desa di Balai Desa Tondomulo

Bojonegoro, suaramedianasional.co.id – Bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro menggelar sosialisasi pembentukan perpustakaan desa, di Balai Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (15/7)

Tampil sebagai pemateri dalam acara rangkaian kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 tahun 2019, Drs. Sukarni, M.M., M.Si., Kasi Layanan Sarana Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro mengatakan tentang pentingnya keberadaan perpustakaan desa yang tidak dapat dipandang remeh. Karena didirikan guna menarik dan menumbuh kembangkan minat, serta semangat membaca masyarakat. Terutama bagi warga yang berusia pelajar yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Hadirnya perpustakaan desa tentu dapat memotivasi mereka untuk terus belajar dan berkreasi, melalui asupan buku-buku serta informasi yang disediakan di perpustakaan desa sesuai bidang yang mereka sukai,” ucapnya.

Menurutnya, sebagaimana perpustakaan pada umumnya, perpustakaan desa memiliki fungsi khusus, yaitu sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi bagi masyarakat dalam hal informasi, edukasi, kebudayaan, pelestarian, dan wisata.

Selain sebagai wahana dalam hal edukasi, perpustakaan desa juga dapat digunakan sebagai sentra usaha kegiatan masyarakat dalam skala kecil (rumah tangga) yang memproduksi berbagai hasil industri rumah tangga.

“Jika masyarakat mempergunakan perpustakaan secara optimal, maka tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa dalam memperbaiki taraf kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada warga yang hadir agar berperan aktif dan berpartisipasi dalam mensosialisasikan fungsi perpustakaan desa dilingkungan tempat tinggalnya.

“Dan menjaga koleksi buku-buku perpustakaan desa agar tetap terawat dengan baik kondisinya,” imbuhnya.

Kegiatan dihadiri pemuda karang taruna, ibu-ibu PKK, Guru PAUD dan Perangkat Desa setempat. (arditya/dandim bojonegoro)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...