HomeBERITAWujudkan Sekolah Berliterasi, SMAN I Ngawi Gelar Festival Bulan Bahasa

Wujudkan Sekolah Berliterasi, SMAN I Ngawi Gelar Festival Bulan Bahasa

Pose bersama seluruh pihak yang terlibat dalam Festival Bulan Bahasa di SMAN i Ngawi

NGAWI, SMNNews.co.id – Peringatan bulan Bahasa dan Sastra di SMAN I Ngawi diperingati dengan berbagai kegiatan literasi, serta mendorong siswa untuk bangga beridentitas Bahasa Indonesia dan memiliki kekayaan bahasa daerah yakni Bahasa Jawa.

Bukan bahasa sendiri merujuk pada sejarah saat 28 Oktober 1928, bangsa ini sepakat memiliki tanah air satu, bangsa satu dan bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia, yang kemudian diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

“Kami ingin siswa siswi SMAN 1 Ngawi bangga mempunyai identitas Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah yang membuat ragam bahasa kita sangat luar biasa di mata dunia,” ungkap Tjahjono Widijanto, Kepala SMAN I Ngawi.

“Selain itu juga diadakan workshop menulis pada 3 November 2022, dihadiri puluhan guru dari Ngawi. Kancab Dinas Pendidikan Jatim wilayah Madiun Ngawi membuka sekaligus membagi pengalaman menulis hingga diundang ke istana,” ungkap Tjahjono.

Workshop membuat poster juga digelar saat Festival Bulan Bahasa di SMAN I Ngawi.

Serangkaian acara bulan bahasa ini akan ditutup dengan kegiatan workhsop menulis fiksi, pada 9 November 2022, yang diikuti 70 peserta lomba menulis cerpen dan geguritan dari wilayah Madiun-Ngawi-Magetan.

Workshop itu sekaligus waktu diumumkannya pemenang lomba menulis cerpen tingkat SMP dan SMA. Selain itu juga menulis geguritan tingkat SMP dan SMA. Juri lomba ini adalah Yusri Fajar dosen Universitas Brawijaya dan Sutejo, Rektor STKIP Ponorogo.

Tjahjono Widijanto berharap agar peringatan bulan bahasa ini dapat membangkitkan semangat siswa dalam berliterasi, menjadikan SMAN I Ngawi sebagai sekolah yang berbudaya literasi untuk bakti bagi negeri.***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kepsek SDN 12 Rambutan Banyuasin Angkat Bicara! Terkait Isu Dugaan Pungli

BANYUASIN, SMNNews.co.id - Menindak lanjuti pengaduan laporan salah satu LSM dengan Indikasi dugaan Pungli di SDN 12 Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Liza Yuliani, Kepsek SDN...

Waka Polri Bersama Irwasum Polri Akan Melakukan Kunjungan ke Polda Sumsel

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Irwasum Polri Komjen Pol Agung Maryoto dijadwalkan melaksanakan...

Klinik Utama PHC Dalwa Diresmikan Oleh Gus Irsyad

PASURUAN, SMNNews.co.id - Grand Opening Klinik Utama PHC Dalwa yang berlokasi di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan diresmikan oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (01/02/2023). Selain...