HomeBERITABupati Pasaman Serahkan Bantuan Bibit Ketahanan Pangan

Bupati Pasaman Serahkan Bantuan Bibit Ketahanan Pangan

Bupati Pasaman Sabar AS menyerahkan bantuan Bibit Ketahanan Pangan di kantor Wali Nagari Aia Manggih Utara.

PASAMAN, SMNNews.co.id – Memperkuat Kabupaten Pasaman sebagai lumbung pangan nasional harus didukung dengan faktor-faktor utama. Salah satunya ketersediaan sayur-sayuran didepan rumah, kata Bupati Sabar AS saat memberikan bibit ketahanan pangan di kantor Wali Nagari Aia Manggih Utara, Kamis (04/07/2024)

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Kadis KUPTK, Kadis DPM, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan dan Pangan, Kadis Kesehatan, Kaban Kesbangpol atau yang mewakili, Kadis Kominfo atau yang mewakili, Kabag Protokol, Camat Lubuk Sikaping, Forkopimca Kecamatan Lubuk Sikaping, Wali Nagari Aia Manggih Utara dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sabar AS menjelaskan, selain ketersediaan sayur sayuran didepan rumah, faktor utama lain yang harus diperhatikan yakni lahan yang subur, ketersediaan air, intensitas cahaya matahari, ketersediaan pupuk, dan SDM petani yang tangguh.

“Kemudian untuk mendukung produksi tanaman sayuran juga diperlukan adanya peran teknologi seperti teknologi pembenihan, teknologi pascapanen, serta teknologi nutrisi tanaman,” jelasnya.

“Benih unggul yang diserahkan sebagai upaya untuk menciptakan tanaman sayur-sayuran yang berkualitas terutama benih sayur yang tahan penyakit, tahan cahaya panas matahari, tahan terhadap curah hujan yang tinggi serta keunggulan lainnya. Dengan bantuan bibit ini para masyarakat bisa menghasilkan produksi sayur-sayuran yang meningkat,” tegas Sabar AS.

Bupati Pasaman juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintahan Nagari yang telah menganggarkan program ketahanan pangan di Nagari Aia Manggih Utara untuk mewujudkan pertanian masyarakat yang lebih berkualitas lagi.

“Terima kasih banyak kepada Wali Nagari Aia Manggih Utara karena telah menjadi pahlawan pangan di Kabupaten Pasaman, mari kita terus bersinergi agar terwujudnya lumbung pangan nasional,” kata Sabar AS.

Kemudian, Bupati Pasaman Sabar AS menyampaikan sejumlah program yang tengah dan akan dilanjutkan pembangunanya di Kabupaten Pasaman.

“Pembangunan itu berproses, butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Jika program berganti akibat kebijakan berbeda oleh si pengambil kebijkan yang berbeda, maka program-program yang sudah dimulai, akan putus di tengah jalan dan tidak akan pernah tuntas,” sebut Sabar AS.

“Program pembangunan Pasaman seperti Pendidikan gratis dan Pengobatan gratis, Pasaman Berimtag serta peningkatan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan, maupun pembangunan infrastruktur/jalan secara bertahap, adalah program yang berdampak langsung dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Program ini akan kita teruskan ke depannya,” tutup Sabar AS.

Setelah sambutan Bupati Sabar AS lansung menyerahkan bantuan bibit pertanian kepada Kelompok Tani se Nagari Aia Manggih Utara.

Sementara itu, Prasetyo. Kadis Pertanian Kabupaten Pasaman mengatakan tujuan dari program pemberian bibit tanaman ini untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Nagari Aia Manggih Utara. Beliau menambahkan bahwa kedepan harapannya masyarakat dan Pemerintah Nagari Aia Manggih Utara dapat memiliki infrastruktur yang mendukung untuk ketahanan pangan agar dapat meminimalisir kegagalan panen.

“Dan bantuan bibit sayuran ini diharapkan dapat memangkas biaya produksi para petani dalam menyiapkan bibit,” ucap Prasetyo.

Wali Nagari Aia Manggih Utara Rahmat Rinaldi dalam sambutannya menuturkan, bantuan bibit tanaman ini guna pengembangan budidaya sayuran dan buah-buahan di sela perkarangan dan sekaligus pemanfaatan lahan perkarangan yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Aia Manggih Utara, yang sumber dana kegiatan dari Dana Desa, serta bermohon kepada Bupati Pasaman untuk pembangunan Kantor Wali Nagari Aia Manggih Utara yang sekarang masih memakai ex Gedung Kantor Lurah Kampuang Nan VI. (mad)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Sambut 1 Muharram 1446 H, Pemdes Karangsono Gelar Pengajian Akbar Gus Kautsar dan Percil

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H, Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar menggelar pengajian akbar...

Dengan Perpanjangan Waktu, Korban Tanah Longsor Terakhir di Desa Bumirejo Akhirnya Ditemukan

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah perpanjangan waktu pencarian, korban tanah longsor di Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kabupaten Blitar, akhirnya ditemukan. Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong,...

Galang Satria, Ikuti Global Youth Summit di Vietnam Presentasikan Kotoran Ayam Bisa Bermanfaat Sebagai Pupuk Semi Organik

BLITAR, SMNNews.co.id - Mohammad Galang Satria Dijagad akan mengikuti lomba karya ilmiah internasional bertajuk Global Youth Summit (GYS) yang dihelat di Kota Can Tho,...