HomeBERITAPembukaan Kejuaraan Paralayang Internasional 2024 di Kota Batu Berlangsung Meriah

Pembukaan Kejuaraan Paralayang Internasional 2024 di Kota Batu Berlangsung Meriah

Pembukaan Kejuaraan Paralayang Internasional 2024 di Kota Batu berlangsung meriah.

KOTA BATU, SMNNews.co.id – Batu International Sport Tourism Festival (BISTF) Paragliding Accuracy League 2024, International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th Series, secara resmi dibuka di Lapangan Songgomaruto, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Kamis (04/07/24).

Kejuaraan yang diikuti oleh 62 atlet dari tiga negara ini akan berlangsung selama lima hari mulai 3-7 Juli 2024.

Pemukulan gendang secara simbolis menandai dibukanya kejuaraan paralayang internasional ini. Selain menampilkan pertunjukan seni tari dan bantengan, acara ini juga dimeriahkan dengan aksi dari para atlet aero sport yang menampilkan atraksi gantole dan paralayang akrobatik. Selain itu juga ada paralayang tandem dengan penyandang disabilitas, serta atraksi atlet paralayang dengan kursi roda dan kano untuk menunjukkan bahwa paralayang adalah olahraga udara yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja.

Nampak hadir dalam opening ceremony ini Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Danlanud Abdurrahman Saleh, Danlanal Kota Malang, Danrem 083 Baladika Jaya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Ketua Pengurus Provinsi Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Paralayang Jatim, Perhutani, Forkopimda dan para Kepala OPD di Pemkot Batu.

Ketua Pengurus Provinsi (FASI) Paralayang Jatim, Arif Eko Wahyudi, mengatakan, kejuaraan ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat Indonesia di dunia. Arif berharap dengan adanya gelaran IPAC seri 4 ini, Indonesia dapat meraih peringkat 5 atau 4 dunia.

“Saat ini Indonesia menduduki peringkat 6 dunia. Sedangkan di tingkat Asia Pasifik, Indonesia berada di nomor urut 2,” kata Arif.

Danlanud Abdurrahman Saleh Malang, Marsma TNI Firman Wirayuda, yang juga merupakan Ketua Umum FASI Provinsi Jatim, mengatakan, selain menargetkan peningkatan peringkat Indonesia, diharapkan kejuaraan ini dapat mengembangkan potensi pariwisata Kota Batu serta menarik minat atlet-atlet muda untuk ikut berpartisipasi di kejuaraan-kejuaraan berikutnya.

”Paralayang merupakan cabang olahraga dirgantara yang membutuhkan keterampilan dan memiliki risiko tinggi, sehingga keselamatan adalah prioritas utama dalam melaksanakan pertandingan ini,” ujar Firman.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, berharap, event seperti ini dapat rutin digelar di Kota Batu dengan melibatkan lebih banyak atlet dan negara peserta, sehingga sektor pariwisata di Kota Batu bisa semakin berkembang dan lebih dikenal di tingkat internasional.

“Event paralayang tingkat internasional di Kota Batu ini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke Kota Batu,” pungkas Aries. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Sambut 1 Muharram 1446 H, Pemdes Karangsono Gelar Pengajian Akbar Gus Kautsar dan Percil

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H, Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar menggelar pengajian akbar...

Dengan Perpanjangan Waktu, Korban Tanah Longsor Terakhir di Desa Bumirejo Akhirnya Ditemukan

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah perpanjangan waktu pencarian, korban tanah longsor di Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kabupaten Blitar, akhirnya ditemukan. Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong,...

Galang Satria, Ikuti Global Youth Summit di Vietnam Presentasikan Kotoran Ayam Bisa Bermanfaat Sebagai Pupuk Semi Organik

BLITAR, SMNNews.co.id - Mohammad Galang Satria Dijagad akan mengikuti lomba karya ilmiah internasional bertajuk Global Youth Summit (GYS) yang dihelat di Kota Can Tho,...