HomeBERITAPj. Wali Kota Batu Panen Hasil Pertanian dan Serahkan Bantuan untuk Gapoktan

Pj. Wali Kota Batu Panen Hasil Pertanian dan Serahkan Bantuan untuk Gapoktan

Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memanen hasil pertanian dan serahkan bantuan untuk gapoktan.

KOTA BATU, SMNNews.co.id – Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memanen hasil pertanian tanaman pangan yang ditanam pada September 2022 lalu di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kamis (4/7/2024).

Gerakan memanen serentak ini turut diikuti sekitar 80 orang, diantaranya anggota Forkopimda, TPID, Dharma Wanita Persatuan, serta perwakilan dari kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto, menyebutkan, cabai merah dan cabai keriting merupakan penyumbang inflasi yang cukup besar di Kota Batu. Namun, Kota Batu memiliki potensi besar dalam produksi cabai dengan perkiraan hasil panen mencapai 32 ribu kuintal per tahun.

Untuk itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setiap tahun memberikan bantuan bibit cabai dan pupuk organik kepada kelompok tani dan gapoktan sebagai stimulan.

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi cabai, yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga cabai dan mencegah inflasi.

Sementara Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas hasil panen cabai yang telah dicapai.

“Alhamdulillah kita bisa panen cabai. Ini adalah ikhtiar kita bersama agar ekonomi kita terus berjalan, tidak hanya sekedar mencegah inflasi,” ujarnya.

Aries juga menekankan pentingnya peran Dinas Pertanian dalam menangkap peluang pasar, serta menjalin kolaborasi dengan pengusaha, UMKM, dan hotel-hotel untuk mendukung pemasaran hasil pertanian.

“Apa yang dipanen harus bisa ditangkap pengusaha kita. Kalau bisa, kita ingatkan agar langsung didistribusikan ke tempat wisata. Ini sudah menjadi tugas pemerintah untuk mensupport petani kita agar terus berkelanjutan, bisa dari bantuan peralatan dan juga bantuan pemasaran,” tuturnya.

Aries yakin dengan penguatan tiga sektor unggulan, salah satunya adalah pertanian, ekonomi di Jawa Timur akan semakin kuat dan masyarakat Kota Batu akan lebih sejahtera. Karena itu Aries meminta kepada Camat Bumiaji yang baru, Thomas Maydo, untuk terus berkeliling di wilayahnya serta mengawasi kondisi masyarakat khususnya para petani.

Dalam kesempatan ini, Pj. Wali Kota Batu bersama jajaran juga menyerahkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada gapoktan dari 3 kecamatan. Bantuan alsintan yang diberikan seperti elektric power sprayer, cultivator, kendaraan roda 3, mesin potong rumput, mesin perontok padi, paket saprodi intensifikasi pekarangan dan paket pakan ayam. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Sambut 1 Muharram 1446 H, Pemdes Karangsono Gelar Pengajian Akbar Gus Kautsar dan Percil

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H, Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar menggelar pengajian akbar...

Dengan Perpanjangan Waktu, Korban Tanah Longsor Terakhir di Desa Bumirejo Akhirnya Ditemukan

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah perpanjangan waktu pencarian, korban tanah longsor di Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kabupaten Blitar, akhirnya ditemukan. Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong,...

Galang Satria, Ikuti Global Youth Summit di Vietnam Presentasikan Kotoran Ayam Bisa Bermanfaat Sebagai Pupuk Semi Organik

BLITAR, SMNNews.co.id - Mohammad Galang Satria Dijagad akan mengikuti lomba karya ilmiah internasional bertajuk Global Youth Summit (GYS) yang dihelat di Kota Can Tho,...