HomeBERITA1 Buah = 1 Kilo Buah Alpukat Unggul Petik Perdana dilakukan Bupati...

1 Buah = 1 Kilo Buah Alpukat Unggul Petik Perdana dilakukan Bupati Blitar Rijanto

Bupati Blitar Rijanto menunjukkan aplukat unggul di BUMDes Karangsono yang bisa ditiru masyarakat luas.

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Rijanto ingin Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di tiap desa Kabupaten Blitar ingin berdikari, meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini diungkapkannya saat melakukan petik perdana alpukat unggul BUMDes Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Jumat (6/3/2020).

Jenis buah alpukat ditanam BUMDes Karangsono cukup unik. Ukurannya cukup besar melebihi kepalan tangan dan beratnya mencapai 1 Kilogram.

Bupati pun secara simbolis melakukan petik panen perdana. Setelah ikut mencicipi, alpukat raksasa rasanyapun juga istimewa lebih gurih dari alpukat pada umumnya.

“Ini kita petik alpukat di pekarangan milik Nuryono yang tergabung di BUMDes Karangsono. Alpukat yang ditanam ini terlihat bagus-bagus dan berkualitas,” ujar bupati setelah memetik buah.

Melihat itu bupati ingin masyarakat luas di Kabupaten Blitar bisa meniru yang dilakukan warga BUMDes Karangsono. Dengan mengisi lahan yang kosong dengan tanaman buah yang bernilai jual. Sehingga bisa menambah pendapatan keluarga untuk skala kecilnya yang ujungnya meningkatkan perekonomian desa pada skala besarnya.

“Tanaman alpukat bisa ditanam semua wilayah baik di Blitar selatan atau utara, alpukat jenis istimewa inipun bisa ditanam disitu. Jadi lahan jangan dibiarkan kosong,” pesan bupati.

Untuk meningkatkan produk pertanian pada umumnya, bupati juga menugaskan Dinas Pertanian dalam pendampingan warga untuk penyuluhan pengembangan holtikultura. Seperti tanaman lombok lemon dan alpukat digalakkan penanamannya karena nilai ekonominya tinggi.

“Blitar ini merupakan wilayah agraris maka kita perlu kembangkan potensi pertanian dengan kualitas yang unggul,” pungkasnya. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Kabag Kesra Kabupaten Asahan Laporkan Pelaksanaan Manasik Haji Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...

Police Go To School, Polres Blitar Kota Ajarkan Tata Cara dan Etika Berlalu Lintas Sejak Dini pada Pelajar

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar Kota melaksanakan diseminasi keselamatan melalui kegiatan Police Go To School di sekolah sekolah. Kali ini sasaran diarahkan pada...

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Buka Manasik Haji

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...