HomeEKBISBermanfaat dan Makin Banyak Peminat, Mahasiswa KKN UAD Gelar Penyuluhan Budidaya TOGA

Bermanfaat dan Makin Banyak Peminat, Mahasiswa KKN UAD Gelar Penyuluhan Budidaya TOGA

Mahasiswa KKN UAD 2022 di Desa Jatimulyo, Kabupaten Bantul.

Yogyakarta, SMNNews.co.id – Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar penyuluhan tentang budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kelurahan Jatimulyo, Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY.

Penyuluhan itu merupakan kolaborasi mahasiswa KKN UAD Unit XII.B 3 dan unit XII.B.1. Digelar 19 Februari 2022 lalu, kegiaran ini mengambil tema “Identifikasi Organoleptis Tanaman Herbal dan Khasiat serta Cara Pengolahan Tanaman Obat Keluarga.”

Anisa, salah satu pantia penyuluhan menyatakan, manfaat TOGA makin dirasakan masyarakat dalam menambah imun tubuh, apalagi dimasa pandemi. Tak mengherankan pula bila peminat penyuluhan TOGA juga semakin banyak.

“Kami harap kegiatan ini menjadi manfaat bagi masyarakat dan mampu membudidayakan TOGA di lingkungan sendiri,” ungkapnya.

Kintoko, akademisi yang juga pemateri dan dosen pembimbing lapangan, bernama Heni, memuji kegiatan penyuluhan itu serta berharap dapat diimplementasikan oleh warga dusun.

Sebagai tindak lanjut dari penyuluhan itu, mahasiswa KKN unit XII.B.3 menanam TOGA bersama masyarakat di areal dekat Masjid Nurul Hikmah, Dusun Maladan, pada 24 Februari 2022 lalu,

Penanaman itu sengaja memilih TOGA yang sesuai iklim setempat. Diantaranya kumis kucing, sambiloto, daun dewa, sirih, keji beling, stevia, jahe, kencur, kunyit dan sebagainya, hingga mencapai 20 jenis.

Takmir Masjid Nurul Hikmah pun, mengaku senang dengan adanya kebun TOGA itu. Selama ini, sebagian tanaman itu tumbuh liar di pinggir jalan bahkan di hutan. Ternyata selain dapat dijadikan sumber obat herbal, juga berpotensi ekonomi, bila dikelola dengan baik.

“Kalau dibuatkan kebun seperti ini, jadi lebih mudah diolah,” ujar Iskandar, salah satu Takmir Masjid Nurul Hikmah. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Police Go To School, Polres Blitar Kota Ajarkan Tata Cara dan Etika Berlalu Lintas Sejak Dini pada Pelajar

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar Kota melaksanakan diseminasi keselamatan melalui kegiatan Police Go To School di sekolah sekolah. Kali ini sasaran diarahkan pada...

Dongkrak Minat Transportasi Umum dan Wisata, Pemkab Jember Luncurkan Program Anak Senja dan Jelita

JEMBER, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jember, bersama dinas perhubungan, dengan bangga mengumumkan launching dua program inovatif Angkutan Sekolah Gratis (Anak Senja) dan Angkutan Jember...

Pj Bupati Pasuruan Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pj. Bupati Pasuruan Dr. Andrianto, menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Dengan mengangkat tema...