HomeJAWA TIMURPONOROGOHadiri Grebeg Suro, Kasrem 081/DSJ : Tradisi dan Budaya Harus Terus Dilestarikan

Hadiri Grebeg Suro, Kasrem 081/DSJ : Tradisi dan Budaya Harus Terus Dilestarikan

Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Agus Faridianto yang tampak hadir dan menggunakan pakaian seperti Warok

Ponorogo, suaramedianasional.co.id – Bulan Suro atau Bulan Muharam dalam kalender Islam mempunyai makna yang lebih bagi sebagian masyarakat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur.

Berbagai macam acara dan kegiatan dilaksanakan dalam menyambut Bulan Suro. Tak terkecuali masyarakat di Ponorogo, untuk menyambut Bulan Suro tahun ini, mereka berbondong-bondong mengadakan acara Grebeg Suro, bertempat di Aloon-Aloon Ponorogo, Rabu (21/8/19) malam.

Perayaan Grebek Suro

Semua yang hadir pada acara tersebut wajib menggunakan pakaian khas Ponorogo, seperti yang sering digunakan oleh para Warok yang merupakan salah satu penari dalam seni reog. Kadang ia diterjemahkan sebagai sosok yang dikenal sebagai seseorang yang “menguasai ilmu” dalam pengertian Kejawen.

Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Agus Faridianto yang tampak hadir dan menggunakan pakaian seperti Warok, merasa senang dapat menghadiri dan berpartisipasi pada acara Grebeg Suro itu.

Meskipun ia bukan orang asli Ponorogo, namun ia mengaku bangga dapat terlibat di dalam acara yang syarat akan nilai budaya tersebut.

Kasrem berharap, acara tradisi semacam itu dapat terus dilestarikan dan dijaga, sebagai bagian dari kekayaan seni dan budaya bangsa Indonesia. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...