HomeBERITABawaslu Kabupaten Pasaman Kukuhkan Saka Adhyasta Pilkada 2020

Bawaslu Kabupaten Pasaman Kukuhkan Saka Adhyasta Pilkada 2020

Ali Yusri melantik Bawaslu Kabupaten Pasaman di Aula Arumnas Hotel Lubuk Sikaping, Kamis (03/09/2020).

PASAMAN, SMNNews.co.id – Saka Adhyasta Pemilu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Kwartir Cabang 0308 Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh Ali Yusri di Aula Arumnas Hotel Lubuk Sikaping, Kamis (03/09/2020).

Saka Adhyasta Pemilu merupakan organisasi kepramukaan yang berarti sebagai pengawal berjalannya proses tahapan pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Rini Juita dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu ini nantinya akan menjadi wadah pembinaan dan pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Pramuka sesuai dengan minat dan bakatnya.

Bawaslu akan berperan aktif dalam mensosialisasikan pemilihan umum ke masyarakat, salah satunya yaitu melalui Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu mempunyai tanggung jawab untuk membina adik – adik Pramuka tentang pengawalan dan pengawasan dalam pemilihan umum, apalagi nantinya tahun 2020 ini ada pemilihan Gubernur/ Wakil gubernur serta Bupati/ Wakil Bupati.

“Kita berharap adik–adik Pramuka akan kita bina dan latih serta kita libatkan dalam proses pengawalan dan pengawasan pemilihan umum nantinya,” ungkapnya Rini.

Ka. Kwarcab 0308 Pasaman yang diwakili Ali Yusri menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308 Pasaman sepakat membentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta Pemilu untuk memperkuat pengawasan dalam pemilu maupun pilkada.

“Dengan dibentuknya Saka Adhyasta ini, kami harapkan dapat berperan aktif menjadi agen perubahan di tengah masyarakat menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilih untuk memilih pemimpin daerah dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan pilkada dan pemilu,” kata Ali yusri.

Rangkaian pengukuhan dan pelantikan Saka Adhyasta serta pembacaan Surat Keputusan pembentukan dan susunan keanggotaan Majelis Pembimbing dan susunan keanggotaan Pimpinan Saka masing masing dengan masa bhakti 2020-2024.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka, langsung dikendalikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita, dibantu oleh Mesrawati, Kristian anggota Bawaslu.

Sedangkan untuk Pimpinan Saka, dikendalikan oleh Rifki Mukhliza selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu. (mad)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....