HomeADVERTORIALBPP Kecamatan Doko Gencar Lakukan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petani Vanili

BPP Kecamatan Doko Gencar Lakukan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petani Vanili

Ketua BPP Kecamatan Doko Fahjar Anggriawan bersama Poktan yang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas petani vanili.

BLITAR, SMNNews.co.id – Badan Penyuluh Petani (BPP) Kecamatan Doko terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani di wilayahnya melalui kegiatan pelatihan. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah pelatihan panen dan pasca panen vanili yang dilaksanakan di seluruh Poktan (Kelompok Tani) di Doko, Rabu (06/03/2024) di Balai Dukuh Pagak Desa Sumberurip.

Ketua BPP Kecamatan Doko, Fahjar Anggriawan, menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas petani dalam menanam dan mengelola tanaman vanili.dan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 04 – 06 Maret 2024. Dengan demikian, diharapkan petani di kecamatan Doko ini dapat mengoptimalkan potensi daerah pegunungan yang sangat cocok untuk penanaman vanili.

“Pelatihan ini menjadi langkah strategis dalam upaya meningkatkan penghasilan petani. Kami mengumpulkan semua Poktan di Kecamatan Doko agar dapat memberikan pemahaman yang baik kepada petani tentang teknik panen dan pasca panen vanili,” ujar Fahjar.

Dalam upaya menyediakan sumber daya yang berkualitas, BPP Kecamatan Doko bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan (BBPP). Narasumber dari BBPP diundang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang teknik dan strategi terkini dalam bercocok tanam vanili.

Fahjar menekankan pentingnya diversifikasi tanaman, terutama vanili, sebagai langkah yang dapat meningkatkan ekonomi petani.

Narasumber dari BBPP Ketindan saat memberikan pelatihan kepada poktan terkait teknik panen dan pasca panen vanili.

“Harapan kami, semakin banyak petani di Doko yang beralih menanam vanili. Dengan demikian, mereka dapat merasakan peningkatan pendapatan yang signifikan,” tambahnya.

Selain aspek ekonomi, keberhasilan penanaman vanili diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan petani secara keseluruhan. BPP Kecamatan Doko berkomitmen untuk terus mendukung petani melalui program-program pelatihan dan pendampingan.

“Kami percaya bahwa dengan peningkatan kapasitas dan dukungan yang berkelanjutan, petani di Kecamatan Doko dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik,” tutup Fahjar.

Semoga melalui langkah-langkah ini, sektor pertanian di wilayah pegunungan ini semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. (adv/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Pasaman Peduli, Bupati Sabar AS Antarkan Bantuan ke Agam dan Tanah Datar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Turut prihatin atas musibah bencana alam alam banjir, golodo dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten...

Bupati Blitar Hadiri HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri puncak Acara HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, Sabtu (18/05/2024) malam di...

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...