HomeBERITABupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445...

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten Blitar Secara Daring, Kamis (28/03/2024) di SDN Srengat 01.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar beserta jajaran, Pengawas dan Penilik Sekolah, Kepala Sekolah beserta para Guru dan Tenaga Kependidikan Serta anak- anakku semuanya mulai dari jenjang PAUD,SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutannya menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 H/2024 M. dan Alhamdulillah, hari ini kita sudah menunaikan puasa Ramadan pada hari yang ke-17.

“Semoga ibadah puasa ini mampu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, menjadikan kita semua insan yang jauh lebih bijak, lebih baik dan berakhlakul kharimah,” kata Rini Syarifah.

Setiap tanggal 17 ramadan, tepatnya hari ini, umat Islam di dunia memperingati Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an adalah peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril as secara berangsur-angsur sewaktu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun ketika sedang mengasingkan diri dan berdo’a di Gua Hira.

“Hikmah, keutamaan, kemuliaan dan keistimewaan peringatan Nuzul Qur’an antara lain; memahami sejarah dan peristiwa turunnya Al-Qur’an, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Peringatan Nuzulul Qur’an ini adalah sarana efektif menjaga kemurnian serta kesucian Al-Qur’an,” jelasnya.

Karena Al Quran mengandung isyarat-isyarat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta ayat-ayat alam (kauniyah) yang dapat dijadikan motivasi dan inspirasi dalam berbagai kehidupan, baik sosial, teknik maupun genetika.

“Karena Al Qur’an tidak hanya mengandung pokok-pokok ajaran agama yang meliputi akidah, syariah dan akhlak, yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan dengan sesama manusia dan lingkungannya, tetapi juga isyarat-isyarat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga sangat relevan dengan kehidupan saat ini,” ucapnya.

Sejak dulu Al Qur’an membawa misi perubahan yang memungkinkan masyarakat mewujudkan peradaban baru berkat kemampuannya mengembangkan iptek dan pengamalan hukum-hukum Ilahi. Untuk itu saya mengajak masyarakat menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk memperbaiki interaksi dengan Al Qur’an, meningkatkan kualitas interaksi dengan kitab suci, bukan hanya sekedar membacanya pada tingkat aspek ibadah.

“Tetapi juga harus direnungkan dan mengaplikasikan nilai-nilai universal dari Al Qur’an sebagai pandangan hidup, sebagai petunjuk arah perjalanan bangsa ini. Termasuk dalam panjenengan semua menuntun anak-anak didik, agar tumbuh menjadi anak yang sholeh sholekha, berkarakter, dan berdaya saing,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...