HomeADVERTORIALBupati Blitar yang Diwakili Asisten III Buka Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan...

Bupati Blitar yang Diwakili Asisten III Buka Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan Tahun 2024 di Kecamatan Doko

Bupati Blitar yang diwakili Asisten III Mashudi membuka Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan tahun 2024 di Kecamatan Doko.

BLITAR, SMNNew.co.id – Bupati Blitar yang diwakili Asisten III Mashudi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan dan Musyawarah Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas dan Kelompok Rentan (PENA INTAN) tahun 2024.

Dengan tema RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2025 adalah “Penguatan SDM Unggul dan Ekosistem Ekonomi Lokal untuk Kemandirian Ekonomi Daerah” di Kantor Kecamatan Doko, Jumat (01/03/2023).

Dari tema tersebut, Ada 5 Prioritas Pembangunan yakni :

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

2. Meningkatkan Kapasitas SDM Pelaku Ekonomi dan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat

3. Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Lokal dan Penguatan Manajemen Distribusi Barang

4. Penguatan e-Government dan Pelayanan Publik;

5. Pemantapan Infrastruktur Ekonomi serta Daya Dukung Lingkungan Hidup.

Acara tersebut, turut dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Kepala Bappeda Kabupaten Blitar, Kepala OPD terkait dan juga Kepala Desa se-kecamatan Doko dan Forkopimcam Doko, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bupati Blitar yang diwakili Asisten II Mashudi, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan syukur, serta terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir. Dan forum ini sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar pada Tahun 2025.

Kecamatan Doko gelar Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan tahun 2024.

”Ini artinya bahwa perencanaan pembangunan daerah merupakan hasil dari penyelarasan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Nasional,” jelasnya.

Musrenbang kecamatan yang setiap tahun dilaksanakan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan pada tingkat kecamatan untuk menentukan prioritas pembangunan di setiap desa dan kelurahan.

Sebagai salah satu tahapan perencanaan pembangunan daerah, penyelenggaraan Musrenbang dimaksudkan untuk menyempurnakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan mengintegrasikan aspirasi masyarakat.

”Tentunya dengan tetap memperhatikan arah kebijakan serta prioritas pembangunan tahunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD, dan melanjutkan pendekatan perencanaan partisipatif yang dilaksanakan pada dua tahun sebelumnya, maka pada tahun 2024 ini musrenbang kembali akan dipadukan dengan Musyawarah PENA INTAN,” ujarnya.

Kesempatan ini, Mak Rini juga berharap untuk mewujudkan Kabupaten Blitar yang semakin maju dan sejahtera, dengan berpedoman pada RPJMD sekaligus penyelarasan tema pembangunan provinsi Jawa Timur dan nasional.

Peserta Musrenbang dan Musyawarah Pena Intan di Kecamatan Doko.

Dan hasil dari musyawarah ini, baik berupa aspirasi, usulan, maupun gagasan, dapat menunjukkan komitmen inklusivitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam perencanaan pembangunan.

“Pembangunan inklusif harus diawali dari perencanaan yang inklusif pula. Perlu dipastikan bahwa akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya,” tegasnya.

Selain itu, melalui Musrenbang dan Musyawarah PENA INTAN ini, Mak Rini meminta berembug untuk menentukan kegiatan yang menjadi prioritas di Kecamatan Doko.

Serta kepada perangkat daerah, agar benar-benar mengawal hasil Musrenbang dan Musyawarah PENA INTAN ini dengan seksama. Serta mengakomodir usulan yang sesuai dengan prioritas pembangunan dan ruang lingkup kewenangan.

”Saya juga berharap usulan yang disampaikan dalam Musrenbang dan Musyawarah PENA INTAN ini merupakan usulan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas. Terpenuhi tujuan yang ingin dicapai, dan mampu membawa Kabupaten Blitar ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Pasaman Peduli, Bupati Sabar AS Antarkan Bantuan ke Agam dan Tanah Datar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Turut prihatin atas musibah bencana alam alam banjir, golodo dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten...

Bupati Blitar Hadiri HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri puncak Acara HUT ke-143 UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, Sabtu (18/05/2024) malam di...

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...