HomeBERITACara Merawat Kain Songket di Rumah

Cara Merawat Kain Songket di Rumah

Sumber: Google

SMNNews.co.id – Kain songket adalah kain warisan budaya Indonesia yang juga merupakan ciri khas berbagai daerah seperti Aceh, Medan, Padang, Palembang, Lampung, dan Lombok. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, tapi ini wajar mengingat proses pembuatannya yang sangat rumit karena handmade dan menggunakan alat tenun. Apalagi dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menenunnya.

Kain songket dapat dibilang sebagai kain mewah, dan untuk menjaga kecantikan dan kemewahannya, tidak dapat dilakukan perawatan yang sembarangan.

Berikut cara mencuci dan merawat kain songket yang baik agar efek kemilau pada kain yang menggunakan benang emas tidak terlihat pudar.

  • Selain dry clean di tempat profesional, mencuci dengan tangan bisa jadi solusi. Bahkan, mesin cuci rumahan harus dihindari. Caranya pun gampang banget.
  • Cukup siapkan ember yang sudah dipenuhi air bersih.
  • Celupkan songket dan tepuk-tepuk dengan lembut. Kamu juga bisa menguceknya, tetapi dikhawatirkan akan mengubah kualitas jahitan benang. Dengan cara ditepuk perlahan bisa membantu menjaga kualitas songket, apalagi cara ini lebih tepat karena biasanya jarang banget songket terlihat kotor walau sudah dipakai. Paling-paling hanya karena keringat saja.
  • Saat merendam songket, kita tak perlu menggunakan deterjen, tapi dengan shampoo bayi yang dinilai lebih lembut. Dengan menggunakan sabun, justru dapat mengubah tekstur kain songket.
  • Setelah itu, langsung jemur kain songket di tempat yang teduh. Ingat bagian dalam yang dijemur. Hindari juga terpapar sinar matahari agar dapat mempertahankan warna asli.
  • Jika sudah kering, wajib simpan songket dengan cara digantung atau digulung lalu simpan dalam boks khusus. Jika dilipat, bahan songket akan patah. Apalagi kalau masa penyimpanan cukup lama.
  • Selama songket disimpan, jamur bisa jadi musuh. Jadi, kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk menggulung songket yang akan disimpan dalam boks. Biji merica juga bisa kamu masukkan dalam plastik lalu dibolongi (sebagai pengganti kapur barus), taruh di dekat songket yang tergantung di dalam lemari.

Itulah cara mencuci dan menyimpan songket yang tepat. (pb/ty)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...