HomeBERITADewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar Gelar Kirab Hari Lahir Pancasila

Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar Gelar Kirab Hari Lahir Pancasila

Dewan Kesenian dan Budaya Kabupaten Blitar Gelar Kirab Pancasila Pertama kalinya

BLITAR, SMNNews.co.id – Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan untuk menghargai dan menghormati serta mengenang proses perumusan Pancasila yang dilakukan oleh para pendiri bangsa dalam melakukan kemerdekaan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Hal ini menjadi refleksi atas implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu atau sekelompok orang.

Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila yang menjadi ideologi negara dan nilai-nilai dalam Pancasila dapat diwujudkan dalam tindakan nyata sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia.

Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Kanigoro mengadakan kirab Gambar Burung Garuda Pancasila dan Poto Bungkarno untuk pertama kalinya di Kabupaten Blitar. Kegiatan pawai berawal dari Museum Makam Bung Karno dan iring iringan pawai berakhir di kantor Bupati Kanigoro, Kamis (01/06/2023).

Kirab Hari Lahir Pancasila

Masyarakat tampak antusias mengikuti acara kirab Pancasila. Ribuan warga khususnya kecamatan kanigoro tumpah ruah menyaksikan pawai mulai Kantor Desa Gaprang sampai dengan kantor Bupati.

Ketua Panitia Kegiatan Tugas Nanggolo Yudho Dili Prasetyono yang juga Kepala Desa Karangsono menyampaikan, alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar aman terkendali.

“Dari pelepasan Kepala Perpus Bung Karno hingga Kampung Pancasila Gaprang, dilanjutkan kirab jalan kaki hingga Pendopo Sasana Adhi Praja semua berjalan aman dan kondusif,” jelas pria yang akrab disapa Bagas tersebut.

“Acara kirab dan brokohan sangat menarik perhatian masyarakat, terbukti antusiasme masyarakat terlihat hingga ribuan orang memadati jalan dan diikuti langsung oleh beberapa lapisan masyarakat serta budayawan daerah Kabupaten Blitar. Ibarat bayi, setelah lahir kita berikan ucapan syukur dan dalam jawa disebut di brokohi, sama seperti peringatan hari lahirnya Pancasila ini. Dewan Seni dan Budaya serta beberapa Kades yang ada di kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar menginisiasi kegiatan kirab dan brokohan Pancasila bertepatan di hari lahir Pancasila ini,” ucap Bagas. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...

Pj. Bupati Pasuruan Pimpin Pelepasan Pemberangkatan 366 Jama’ah Haji

PASURUAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar pemberangkatan para jama'ah haji tahun 1445 Hijiriah/2024 Masehi yang berlangsung dihalaman Kantor Gedung Putih, Komplek perkantoran...

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Raih Penghargaan Bergengsi The International Awards 2024

PASAMAN, SMNNews.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Sobeng Suradal, raih penghargaan bergengsi di Ajang The International Awards 2024 di Pulau Dewata Bali, Sabtu (18/5/24). Dalam...