HomeBERITADLH dan BSI Gelar Pelatihan Public Speaking Pengelolaan Sampah untuk Kurangi Dampak...

DLH dan BSI Gelar Pelatihan Public Speaking Pengelolaan Sampah untuk Kurangi Dampak Banjir

Zoom meeying pelatihan public speaking dihelat BSI bekerjasama DLH Pemprov Jakarta.

JAKARTA, SMNNews.co.id – Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta telah bekerja sama melakukan pelatihan public speaking untuk membekali Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP), pendamping Rukun Warga (RW) dalam melakukan sosialisasi pengelolaan sampah.

“Kami sudah mengidentifikasi masalah-masalah pengelolaan sampah dan bagaimana mengatasinya akan masuk dalam kegiatan pengabdian masyarakat terprogram,” kata Ketua Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI, Anisti, Selasa (16/11/2021).

DLH Provinsi DKI Jakarta dan Universitas BSI telah melaksanakan Pelatihan public speaking selama dua hari pada Sabtu hingga Minggu 13 – 14 November 2021 secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting dengan jumlah peserta 144 orang.

Pada diskusi kelompok zoom meeting Kecamatan Kembangan, dua narasumber yang tampil adalah Kennorton Hutasoit dengan tema Public Speaking Model OMA dan Denny S. Batu Bara dengan tema Percaya Diri.

Hadir pula dua dosen Universitas BSI lainnya dalam diskusi kelompok ini, yakni Rizky Marvi dan Priatna Sinyo. Sedangkan dari DLH DKI Jakarta hadir Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat, Agung Puji Winarko.

“Model public speaking OMA (Open Minded, Memorize, Action) dapat membantu Dinas Lingkungan Hidup dan pendamping RW dalam mensosialisasikan penanganan masalah sampah di DKI,” ujar Kennorton Hutasoit selaku pengajar Ilmu Komunikasi yang juga praktisi media.

Denny Batu Bara, dalam materinya mengatakan, petugas DLH dan pendamping RW harus memiliki kepercayaan diri agar berhasil mendorong warga untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah.

Seperti sudah banyak diketahui, sampah di DKI Jakarta menjadi problem menahun yang memerlukan kesadaran semua pihak, utamanya masyarakat, untuk mengelolanya secara baik.

Beberapa cara pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan daur ulang maupun mengurangi sampah. Agar ikut mendukung dan telibat langsung dalam pengelolaan sampah perlu dilakukan sosialisasi dan gerakan pengelolaan sampah di tingkat Rukun Warga (RW).

Kegiatan ini sendiri dihelat dengan tujuan menyukseskan program Pemrov DKI Jakarta dalam pengelolaan sampah rumah tangga di tingkat RW, melalui Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Wilayah dan PJLP. ***

BERITA TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA