HomeBERITAGubernur Jatim Beri 2 Jempol ke Bupati Blitar Rijanto, Dekatkan Layanan Kesehatan...

Gubernur Jatim Beri 2 Jempol ke Bupati Blitar Rijanto, Dekatkan Layanan Kesehatan dengan RSUD Srengat

Foto: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Rijanto meresmikan RSUD Srengat

BLITAR, SMNNews.co.id– RSUD Srengat setelah pembukaan soft opening di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar bulan Agustus lalu, kini disusul dengan peresmian oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (12/9/2020).

Gubernur Jawa Timur memberikan apresiasi Blitar Rijanto yang menginisiasi pembangunan rumah sakit. Dengan demikian bisa meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jawa Timur.

“Kita resmikan RSUD Srengat di situasi Pandemi Covid-19. Dengan diresmikan rumah sakit baru bisa meningkatkan layanan kesehatan, apalagi di sini sudah ada laboratorium PCR dan di lantai 2 nya ada ruang negative pressure,” kata Gubernur Khofifah.

Khofifah mengatakan bila Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Jasa Umum sudah selesai, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan segera memberikan support. Dengan segera menunjuk rumah sakit baru ini menjadi rujukan Covid-19 dan memberikan bantuan alat ventilator guna merawat pasien Covid-19 dengan maksimal.

“Kalau sudah menjadi rumah sakit rujukan maka ventilator sudah dapat diakses segera. Kalau di sini dokter anestesi 1 maka bagusnya juga dapat 1 ventilator,” ujarnya.

Menurut Khofifah, sarana Covid-19 yang dimiliki RSUD Srengat akan berdampak bagus bagi penanganan penyakit infeksius lain di masa depan nanti. “Peralatan ini sangat bagus karena bisa menangani infeksius lain seperti TBC yang mana di Jawa Timur jumlahnya juga cukup tinggi,” jelasnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto berharap RSUD Srengat memberikan kemudahan masyarakat memperpendek jarak menempuh rumah sakit bagi warga Blitar di Wilayah Barat. Sebelumnya masyarakat harus jauh-jauh ke RSUD Ngudi Waluyo di Blitar wilayah timur, bahkan ke rumah sakit luar kota di Kabupaten Tulungagung.

“Seluruh masyarakat sudah menunggu nunggu adanya rumah sakit di wilayah barat besok senin tanggal 14 September akan melayani rawat jalan dan pelayanan IGD,” ungkap bupati yang dikenal dekat dengan rakyatnya ini.

Untuk diketahui RSUD Srengat yang mulai dibangun pada tahun 2018 dengan nilai anggaran Rp 174 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Blitar kini sudah mulai beroperasi usai peresmian oleh Gubernur Khofifah hari ini. Selain meresmikan RSUD Srengat ibu Gubernur juga menyempatkan mengunjungi pameran produk unggulan UMKM desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Apel Banser dan Ansor Night Run 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Apel Banser dan Ansor Right Run 2024, Sabtu (18/05/2024) di Alun-Alun Kankab Kanigoro. Turut hadir di acara...

Pj. Bupati Pasuruan Pimpin Pelepasan Pemberangkatan 366 Jama’ah Haji

PASURUAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar pemberangkatan para jama'ah haji tahun 1445 Hijiriah/2024 Masehi yang berlangsung dihalaman Kantor Gedung Putih, Komplek perkantoran...

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Raih Penghargaan Bergengsi The International Awards 2024

PASAMAN, SMNNews.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Sobeng Suradal, raih penghargaan bergengsi di Ajang The International Awards 2024 di Pulau Dewata Bali, Sabtu (18/5/24). Dalam...