HomeJAWA TIMURLAMONGANHarkopnas di Lamongan Diwarnai Aksi Masal Membatik Sepanjang 72 Meter

Harkopnas di Lamongan Diwarnai Aksi Masal Membatik Sepanjang 72 Meter

Aksi membatik massal oleh 72 orang pembatik dari Desa Sendangagung Kecamatan Paciran
Lamongan, suaramedianasional.co.id – Dalam Puncak acara Hari Koperasi Nasional ke 72 di Lamongan diwarnai aksi massal 72 orang pembatik dari Desa Sendangagung Kecamatan Paciran membuat batik motif bandeng lele dan paduraksa di kain sepanjang 72 meter.
Selain itu Dians Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan juga menggelar ngulek masal 1.000 lele penyet oleh Ibu – ibu yang tergabung anggota Koperasi Wanita (Kopwan). Pantauan tim adakita.news, acara yang dihadiri Bupati Lamongan Fedeli bersama Forkopimda tampak larut guyub bersama Ibu- Ibu anggota Koperasi wanita dalam aksi membantik dan ngulek lele penyet masal.
Ngulek masal 1.000 lele penyet oleh Ibu – ibu yang tergabung anggota Koperasi Wanita (Kopwan)
Bupati Fadeli mengutaraka, Lele penyet ini  sudah menjadi kuliner yang melekat dengan Lamongan. Karena banyaknya pengusaha kuliner Lamongan yang menjual lele penyet di berbagai wilayah Indonesia. “Tapi tadi Saya tidak makan lelenya, hanya mengicipi sambelnya saja. Ini karena Saya asli Lamongan, jadi tidak makan lele,” ujar Fadeli.
Sementara saal produk usaha mikro dan koperasi di Lamongan, Fadeli menyebut sebenarnya sudah baik kualitasnya. Namun perlu ditingkatkan lagi dari segi kemasan dan pemasaran, agar ada nilai tambah dan bisa laku untuk pasar yang lebih luas lagi.
Diapun berharap pemerintahan desa yang saat ini sudah memiliki anggaran sendiri, agar mulai berfikir untuk menggunakannya pada program pemberdayaan ekonomi. Tidak hanya digunakan untuk kegiatan pembangunan fisik.
“Di desa sudah ada lembaga ekonomi yang bisa dikembangkan. Bisa melalui badan usaha milik desa, Kopwan, maupun Warung LA,” katanya menjelaskan.
Karena itu dia memberi apresiasi, motif bandeng lele dan paduraksa yang  dibuat batik tidak dalam bentuk harfiahnya, sehingga lebih indah. Terlebih batik sepanjang 72 meter ini nantinya akan dipamerkan dalam pameran tingkat Jawa Timur di Grand City. (pr/sul) 
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....