HomeBERITAJadi Sentra Bawang Merah Terbesar di Jatim, Kabupaten Nganjuk Dapat Julukan Kota...

Jadi Sentra Bawang Merah Terbesar di Jatim, Kabupaten Nganjuk Dapat Julukan Kota Brambang

Kabupaten Nganjuk menjadi Sentra Bawang Merah Terbesar di Jawa Timur (sumber:ping)

NGANJUK, SMNNews.co.id – Sektor pertanian mempunyai kontribusi yang sangat berarti pada perekonomian di wilayah Kabupaten Nganjuk. Bawang merah merupakan komoditas unggulan bagi para petani yang berada di Kabupaten Nganjuk.

Hal ini tercermin pada pembentukan Produksi Domestik Regional Bruto (PDRB) yang menunjukkan bahwa sektor pertanian terbesar mencapai 29,20 persen dari PDRB.

Salah satu penyumbang PDRB-nya adalah dari sektor pertanian tanaman hortikultura bawang merah atau brambang. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), di laman resmi bps.go.id, Kabupaten Nganjuk menjadi salah satu penghasil tanaman bawang merah terbesar di Jawa Timur.

Pada tahun 2020, Nganjuk menduduki peringkat pertama sebagai penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur dengan jumlah panen sebanyak 1.730.608 kuintal dari luas lahan 14.505 hektar.

Menjadi sentra bawang merah terbesar di Jawa Timur, selain disebut dengan Kota Angin Kabupaten Nganjuk sering disebut juga dengan Kota Brambang.

Hal ini diamini oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dengan dibangunnya Tugu Brambang yang berada di perempatan Jalan Mastrip Nganjuk.

Selanjutnya, dari data bps juga menunjukan produksi bawang merah di Kabupaten Nganjuk terus mengalami kenaikan.

Pada tahun 2021 produk bawang merah mengalami kenaikan 9,24 persen. Dengan hasil panen mencapai 1.936.524 ton, naik 9,24 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi ketika meresmikan lumbung pangan di Desa Mlilir Kecamatan Berbek, Rabu (28/12/2022) menyampaikan, komitmennya dalam pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Nganjuk.

Menjadikan sentra pertanian, Plt Bupati Marhaen menyebut sektor pertanian menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Bayu.

“Mengapa bisa tumbuh? Karena sektor riil betul-betul kita genjot. Termasuk dari sektor pertanian,” kata Kang Marhaen, sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk.

Selain itu, menjadi komoditas terbesar di Jawa Timur, bawang merah Kabupaten Nganjuk juga diakui beberapa daerah lain..

Kemajuan pertanian bawang merah Kabupaten Nganjuk menarik perhatian Bupati Soppeng untuk study tiru di Kota Bayu.

Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah menyediakan informasi mengenai potensi bawang merah Bumi Anjuk Ladang meliputi Lahan, Penyedia Saprodi, Sumber Daya Manusia, dan Olahan Bawang Merah, yang dapat diakses melalui laman berikut “https://www.nganjukkab.go.id/home/bawangmerah”. (km/red)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...