HomeBERITAMembangun Karakter Siswa dengan Kedisiplinan dalam Kesederhanaan

Membangun Karakter Siswa dengan Kedisiplinan dalam Kesederhanaan

Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tawangsari l Taman Sidoarjo, Dra Ketty Ernawarsiah.

SIDOARJO, SMNNews.co.id – Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tawangsari l Taman Sidoarjo, Dra Ketty Ernawarsiah berkomitmen membangun citra sekolahan yang ia pimpin, dan tentunya menjadi contoh kepada rekan pendidiknya terutama kepada siswa siswi guna membangun cikal bakal dalam penerus generasi yang berkuwalitas.

Seperti yang akan dilakukan Kepala sekolah yang baru menjabat beberapa bulan ini, beliau mempunyai suatu keinginan yang begitu luhur yakni ingin menjadikan anak anak didiknya mempunyai karakter, berahlakul Karimah dan berkompetensi dalam lingkungan yang sederhana.

Disela waktu luangnya, Dra.Ketty Ernawarsiah mengatakan, sebagai Kepala Sekolah dirinya akan mematuhi peraturan yang telah diberikan pemerintah Kabupaten Sidoarjo, untuk tupoksinya yaitu menciptakan generasi melalui pengajaran ilmu pendidikan.

“Dimulai dari pembenahan sarana dan prasarana sekolah dulu yang akan saya lakukan, untuk pembentukan karakter siswa dan siswi di SDN Tawangsari l  ini,”ujarnya.

Pembentukan karakter siswa dimulai dengan pembiasaan budaya pagi  disekolah akan lebih diterapkan dan lebih dimaksimalkan. Kemudian untuk kegiatan siswa memang sudah banyak yang telah dilakukan seperti,  Paskibraka dan ekstra kurikuler juga kami tambah dengan olah vokal, Kesenian Banjari, MTQ, dan Pramuka.

Kedepannya, Dra Ketty berharap untuk lomba lingkungan Sekolah Sehat (LSS) ingin lebih maju lagi dan mudah mudahan kalau dulu bisa meraih juara harapan 2 maka target kami adalah dapat peringkat pertama, karena kondisinya sangat memungkinkan untuk lebih maju tinggal memoles sesuatu yang kurang layak.

Terobosan baru yang telah rampung dibenahinya antara lain, tempat parkir, Kantin sekolah yang cukup memadai dan higienis, ruang perpustakaan  yang cukup representatif,  pengadaan tempat cuci tangan di area depan kelas masing-masing.

Untuk kedisiplinan anak memang dibentuk supaya anak anak tepat waktu tidak terlambat masuk ke sekolah, kemudian kader kader seperti kaderisasi bidang UKS kita bentuk dokter kecil ini selalu kita tambahi wawasan jadi ada guru UKS yang khusus untuk mendidik, membimbing, memberikan Ilmunya dan beri pelatihan kepada  anak-anak tentang kesehatan, yang dalam hal ini juga bekerjasama dengan puskesmas setempat.

Dari pengembangan program yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Dewan guru beserta staf, ibarat gayung bersambut artinya mendapatkan respon yang sangat positif baik dari paguyuban wali murid maupun dari Komite sekolah, mereka sangat mendukung sekali dengan program yang kami paparkan.

Hebatnya di masa kepemimpinan Dra Ketty ini walaupun diluar tidak ada acara dan secara resmi dari Dinas pendidikan tidak ada lomba, maka beliau mengadakan lomba yang bersifat internal yaitu lomba lingkungan antar kelas, diantaranya lomba kebersihan kelas, Lomba Mading, dan sebagainya.

“Jadi paling tidak dengan adanya ini nantinya anak anak ada semacam semangat untuk berdisiplin tinggi dan mendorong anak didik lebih berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.sedangkan pemenang lomba antara kelas ini kita beri reward sebagai bentuk apresiasi dari kami,” pungkasnya.(Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...