HomeJAWA TIMURBLITARMeriahkan HUT Republik Indonesia, Pemkot Blitar Gelar Lomba Baris Berbaris

Meriahkan HUT Republik Indonesia, Pemkot Blitar Gelar Lomba Baris Berbaris

Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudi Wijanarko saat memberangkatkan baris tingkat instansi pada Kamis (11/8/2019).

Blitar, suaramedianasional.co.id – Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Blitar selenggarakan Lomba Baris Berbaris (LBB) untuk tingkat Instansi se-Kota Blitar Kamis, 08 Agustus 2019. Menempuh jarak sekitar 4 km, diawali dari start Jalan Merdeka, perserta diwajibkan berjalan melalui Jalan Terate – Jalan Mastrib – Jalan TGP – Jalan Ahmad Yani – Jalan Soetomo – Jalan Sultan Agung – Jalan Cokroaminoto dan finish di Jalan Semeru.

Kegiatan LBB ini dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudy Wijonarkodengan pengibaran bendara, tanda peserta diberangkatkan. LBB tingkat instansi ini terasa istimewa, pasalnya peserta dengan nomor urut 1 terdiri dari para Kepala OPD dan dibelakangnya adalah barisan anggota DPRD Kota Blitar. Total sekitar 122 regu ambil bagian terdiri dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Blitar, mulai dari OPD, guru-guru SD, SMP maupun instansi vertikal

Rudy menjelaskan bahwa LBB tingkat instansi ini dimaksudkan untuk meningkatkan menjalin kebersamaan antara Pemerintah Kota Blitar dengan instansi vertikal dalam membangun Kota Blitar. Rudy menegaskan sesuai arahan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat harus menyemarakkan HUT ke-74 ini.

LBB tingkat instansi ini merupakan salah satu dari lomba yang digelar dari berbagai tingkatan mulai dari SD/MI, SMP/MTS dan tingkat umum. Seluruh gelaran LBB ini sekaligus sebagai pembuka kegiatan peringatan HUT RI tahun ini. LBB Tingkat SD/MI diselenggarakan Selasa (6/8). Sementara untuk lomba baris tingkat SMP/MTs dilaksanakan Rabu (7/8).

Rute yang dilalui adalah sedikit berbeda dengan tingkat instansi, yaitu dari Jalan Ahmad Yani peserta langsung melalui Jalan Diponegoro. Sedangkan untuk tingkat umum digelar Sabtu (10/8) rute sama dengan instansi.

Kegiatan peringatan HUT RI ini semakin semarak dengan digelarnya aneka lomba permainan tradisional, seperti holahop, memindahkan karet, menghimpit balon dan memasukkan paku ke dalam botol. Bahkan yang menarik lomba yang digelar selama dua hari ini (13-14/8) ini mewajibkan kepala OPD untuk mengikuti holahop.

Kegiatan bernuansa sosial juga digelar diantaranya kegiatan bhakti sosial donor darah (5-22/8). Kegiatan lain yang dilaksanakan berupa olahraga dan permainan juga digelar diantaranya lomba futsal antar Organisasi Perangkat Daerah (20-22/8)

Selain ada upacara sebagai agenda pokok pada tanggal 17 Agustus, juga ada kegiatan tasyakuran, apel kehormatan dan renungan suci. Kegiatan yang ditunggu masyarakat yakni Pawai Kebangsaan juga tetap digelar. Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Gelaran Pawai Kebangsaan akan dilaksanakan dua hari, tepatnya pada Sabtu (24/8) untuk tingkat OPD dan Minggu (25/8) bagi masyarakat. Kegiatan rencananya akan ditutup dengan resepsi HUT RI dan Pentas Kesenian Campursari (30/8). (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...