HomeUMKMPanduan Lengkap Bagi Pemula

Panduan Lengkap Bagi Pemula

Edit Suwantara, S.E. Koordinator Klinik Usaha Mikro Kota Kediri

Kediri, suaramedianasional.co.id – Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir ini. Berbagai perusahaan berlomba-lomba mencari kandidat pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen.

Di era serba digital ini, pemasaran lewat media digital memang sangat penting. Penumpang taksi di jalan misalnya, kini sudah tidak mengarahkan perhatiannya ke papan-papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus menggunakan ponsel pintarnya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet. Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini.

Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa Anda lakukan lewat strategi pemasaran satu ini. Anda para pengembang bisnis atau calon digital marketer, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar branding dan selling Anda meningkat.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Selanjutnya, jika Anda ingin belajar digital marketing. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!

Kategori Digital Marketing

Pada dasarnya ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.

Pengembangan website memang sangat krusial mengingat website adalah representasi utama dari bisnis Anda. Anda bisa juga mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics. Tools dari Google yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para digital marketer:

SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.

Content Marketing

Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Apa saja sih contoh penerapan content marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan email ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen. Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing sangat penting.

SMM

SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Kami sudah membuat panduan lengkapnya bagi Anda.

Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan email sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah panduan lengkapnya bagi Anda.

PPC

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan). Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google.

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda jadi menyadari bahwa Anda bisa pakai berbagai cara untuk memasarkan brand Anda sebagai bentuk strategi digital marketing. Anda juga tentunya perlu mengetahui tren-tren terkini pemasaran digital. Mengapa? Karena ilmu pemasaran sebenarnya berkembang dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan perilaku pasar.(edt

)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...