HomeBERITAPerdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim...

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

Pangdam V Brawijaya bersama Forkompimda Ngawi melakukan panen raya di Desa Sekarputih Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024)

NGAWI, SMNNews.co.id – Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024).

“Ini merupakan panen raya padi pertama kali yang saya hadir langsung semenjak saya menjabat Pangdam,” ungkap Mayjen Rafael Granada Baay, Kamis (19/4/2024).

Panen raya itu mencakup 150 hektar sawah dan menurut Pangdam V Brawijaya menjadi salah satu bukti bahwa Ngawi memang mampu mempertahankan potensi pertanian padi yang menjadi mara pencaharian utama penduduknya.

“Saya juga melihat di sini ada PLN masuk sawah. Hal ini sangat berpengaruh dalam mendukung pengairan bagi tanaman sehingga panen padi bisa dilakukan lebih dari sekali dalam setahun,” ujarnya.

Pangdam V Brawijaya juga mengemukakan, dari Kementerian Pertanian telah meminta TNI dan Polri mengawal stabilitas ketahanan pangan menghadapi krisis akibat ancaman badai el nino gorila yang diperkirakan dapat terjadi beberapa bulan lagi.

Pangdam V Barwijaya melayani pertanyaan wartawan didampingi Bupati Ngawi, Kapolres serta Dandim 0805 Ngawi.

“Kalau sampai krisis pangan tentu berbahaya secara nasional. Saat ini lahan padi di Jatim 498.088 hektar, yang bisa optimal lebih dari sekali setahun panen, hanya sekitar 36 ribu hektar, kita berupaya agar yang 400 ribu hektar itu juga bisa panen dua tiga kali setahun,” ungkap Mayjen Rafael.

Beberapa terobosan Kementerian Pertania, diantaranya meningkatkan subsidi pupuk 100 persen bagi Jatim serta memberi bantuan pompa 3.700 unit. Keberhasilan optimalisasi pertanian padi di Jatim itu nanti diharapkan dapat menutup kekurangan pangan nasional yang saat ini ditaksir sekitar 4 juta ton beras per tahun.

“Maka saya perintahkan seluruh Dandim ikut mengawal upaya meningkatkan ketahanan pangan ini, serta intensif berkoordinasi dengan kepala daerah dan Forpimda di wilayah masing-masing,” ujar Mayjen Rafel Granada Baay.

Pangdam V Brawijaya didampingi Dandim 0805 Ngawi ikut melihat produk kreasi petani untuk mendukung pertanian ramah lingkungan.

Panen raya di Sekarputih itu sendiri, dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Wabup Dwi Riyanto Jatmiko, Sekda M. Sodiq TW, Danrem 081/Dsj, Kol. Sugiono, Dandim 0805 Letkol Didik Kurniawan serta Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono mengemukakan luas Ngawi sebesar 129 hektar sedangkan luas lahan pertaniannya 50.700 hektar. Indeks tanaman mencapai 2,88 dengan provitas padi 7,4. Hasil panen di Ngawi jauh melampaui luas lahannya yang hanya nomor enam se-Jatim.

“Walau lahannya urutan nomor enam, namun Ngawi menjadi daerah dengan produktifitas padi paling tinggi dan mendapat penghargaan nasional secara berturut-turut pada 2022 dan 2023,” ungkap Ony Anwar.

Bupati Ngawi itu tak memungkiri bahwa sejumlah permasalahan pertanian tetap ada seperti kekurangan pupuk, kurang air, ancaman hama, kesulitan bibit dan sebagainya.

Namun berbagai upaya juga dilakukan Pemkab bersama stake holder terkait, seperti electricity for farming (listrik masuk sawah), pertanian ramah lingkungan berkelanjutan dengan pertanian back to nature, peningkatan sistem jaringan irigasi, penerapan teknologi alat pertanian serta membentuk generasi petani milenial. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kabag Kesra Kabupaten Asahan Laporkan Pelaksanaan Manasik Haji Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...

Police Go To School, Polres Blitar Kota Ajarkan Tata Cara dan Etika Berlalu Lintas Sejak Dini pada Pelajar

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar Kota melaksanakan diseminasi keselamatan melalui kegiatan Police Go To School di sekolah sekolah. Kali ini sasaran diarahkan pada...

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Buka Manasik Haji

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...