HomeBERITAPlt. Kepala Dinas DPUCKPP Banyuwangi : Dengan E-Katalog Semua Bisa Diuntungkan, Karena...

Plt. Kepala Dinas DPUCKPP Banyuwangi : Dengan E-Katalog Semua Bisa Diuntungkan, Karena Lebih Transparan!

Plt. Kepala Dinas DPUCKPP Banyuwangi Danang Hartanto

BANYUWANGI, SMNNews.co.id – Banyaknya tuntutan dari beberapa kontraktor terkait produk E- katalog, yang dinilai kurang berpihak kepada kontraktor ternyata banyak hal positif yang menguntungkan bagi pengusaha menengah kebawah. Dengan sistem transparan dan adil, E-katalog dipercaya bisa mengangkat ekonomi rakyat lokal

Plt. Kepala Dinas DPUCKPP Banyuwangi, Danang Hartanto menjelaskan pada awak media usai kegiatan dengar pendapat di DPRD Banyuwangi, E-katalog bisa mengangkat ekonomi rakyat lokal.

“E-Katalog ini kan ada regional, lokal, nasional dan hal ini merupakan aturan dari LKPP dan ini intruksi dari Presiden karena untuk percepatan perputaran perekonomian di masyarakat. Karena ini juga bisa mengangkat ekonomi kerakyatan local,” jelas Danang. (27/2/2023).

Lanjutnya, E-Katalog ini sistemnya terbuka, harga juga transparan jadi mudah untuk kita semua dalam mengawasinya. Kecuali kita hanya meminta atau mengarahkan bagi pabrikan saja, ini semua dengan sesuai bidangnya masing-masing.

Pengadaan barang dan jasa itu ada beberapa yaitu tender, penunjukan langsung, dan yang baru adalah katalog lokal, dan itu salah satu metode yang akan kita gunakan karena lebih transparan. Kita juga meminta katalog bukan katalog pabrikan.

“Jadi kita meminta ini bukan pabrikan lo ya, tapi pengusaha kecil misalnya pengusaha mamiri, mamirat, ATK dan yang lain. Terkait dengan kontruksi pun kita meminta katalog lokal. Kita sudah menyiapkan etalase, jadi apa yang dipunya masukan dan bisa di update,” imbuh Danang.

“Kita butuh pembangunan itu dengan kualitas yang baik dan tepat waktu. Terkait dengan isu bahwa e – katalog dikuasai orang tertentu itu tidak benar, buktinya untuk kategori publikasi pun sudah masuk e – katalog dan siapapun boleh. Kalau bidangnya publikasi ya tidak boleh ke kontraktor dan sebaliknya,” tegas Danang.

Sementara itu Wakil ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono, menjelaskan saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Saya kira untuk demo hari ini wajar saja. Sekarang yang menjadi pertanyaan e katalog itu tujuannya bagus tetapi e katalog ini kan peraturan dan aturan sama halnya dengan undang-undang cuma ini kedudukannya dibawa undang- undang.

“Kalau isinya undang – undang baik tapi sulit diterapkan dilapangan nah ini harus dicarikan jalan keluarnya atau direvisi, kalau jika tidak bisa jalan ditengah masyarakat ya dicabut saja,” jelas Ruliyono. (rica)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Melalui Dinas Kominfo Lakukan Sosialisasi Internet Sehat Bagi Siswa/i SMP

ASAHAN, SMNNews.co.id - Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari segala aspek kehidupan kita sehari-sehari....

Relokasi Pasar Banyuwangi, Pemkab Dituding Lamban Koordinasi dengan Pedagang

BANYUWANGI, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dianggap terlambat melakukan pendekatan terhadap para pedagang Pasar Tradisional pasalnya setelah terjadi konflik pemerintah baru intens mengadakan pertemuan...

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan Pimpin Rapat Rutin

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan memimpin rapat rutin Dinas Sosial yang dilaksanakan di aula Dinas Sosial Kabupaten Asahan. Rapat ini merupakan...