HomeBERITASanter Situs Purbakala di Jogorogo, Polres Ngawi Cek Lokasi

Santer Situs Purbakala di Jogorogo, Polres Ngawi Cek Lokasi

Beberapa perwira dari Polres Ngawi cek langsung lokasi yang santer dikabarkan terdapat situs purbakala, di RPH Ngetrep BKPH Lawu Utara, masuk Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo,Rabu (8/13/2022).

NGAWI, SMNNews.co.id – Polres Ngawi langsung sigap bergerak cepat pasca santernya informasi ada situs purba di kawasan hutan, masuk Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo.

Kapolres Ngawi, AKBP Dwiasi Wyatputera, memerintahkan beberapa perwira untuk cek lokasi. Bersama petugas Perhutani, petugas pun menuju kawasan yang dikabarkan sebagai situs purbakala itu, Rabu (7/12/2022).

Kabag Ops Polres Ngawi, Kompol Slamet Suyanto bersama Kasat Intelkam AKP Marwanto, Kasat Samapta AKP Nugroho, Kapolsek Jogorogo Iptu Nugroho serta Kasi Humas Ipda Dian, akhirnya menuju RPH Ngetrep, di ketinggian 1.259 mpdl, petak 30 BKPH Lawu Utara.

Perjalanan dari Polsek Jogorogo ke lokasi itu ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar satu jam, dilanjutkan jalan kaki sekitar 500 meter menuju ke dalam kawasan hutan pinus.

“Ada hamparan tanah datar di hutan juga terdapat beberapa gundukan bebatuan yang santer dikabarkan sebagai situs purba itu,” terang Kabag Ops Polres Ngawi, Kompol Slamet Suyanto.

Menurut Kompol Slamet Suyanto, perlu dilakukan pendalaman oleh para ahli untuk memastikan apakah gundukan batu di dalam hutan itu termasuk purbakala atau tidak.

“Tentang kepastian akan kepurbakalaan benda di hutan itu, tentu harus dikaji para ahli. Kami cek lokasi demi antisipasi situasi keamanan ketertiban yang mungkin terjadi akibat buntut dari santernya kabar ada situs purba itu,” ungkap Kompol Slamet Suyanto.

Beberapa informasi pun didapatkan polisi. Diantaranya bahwa di lokasi itu dahulu merupakan bekas tempat membuat gondorukem, yakni semacam bongkahan beku yang terbuat dari getah pinus.

Tak menutup kemungkinan, temuan gundukan batu di puncak bukit tersebut juga terkait dengan aktifitas masyarakat saat itu. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...