HomeBERITATanami Lahan Kritis, Kado dari Blitar untuk Ultah Megawati

Tanami Lahan Kritis, Kado dari Blitar untuk Ultah Megawati

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo, saat melakukan penanaman pohon.

Blitar, SMNNews.co.id – DPC PDIP Kabupaten Blitar memberikan kado unik untuk ketua umum mereka, Megawati Soekarnoputri.

Bukan mempersembahkan lagu, kue atau bunga, namun jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar bersama Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, serta Bupati Rijanto dan masyarakat, menanam pohon di lahan kritis di wilayah Blitar selatan, Minggu (02/02/2020).

“Ini sesuai dengan semangat PDIP yang harus bermanfaat untuk rakyat, jadi kita tanam seribu pohon untuk mencegah bencana,” ujar Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo.

Salah satu lahan yang disasar adalah lahan Perhutani, masuk Dusun Kalidahu, Desa Ngeni, di daerah ini, luas lahan yang ditanami mencapai setengah hektar. Di kawasan ini, banyak area yang sudah berubah bukan lagi berisi pohon besar namun berubah menjadi lahan jagung.

“Di sini kita tanam sekitar 500 pohon, selanjutnya kita harap dapat meluas hingga wilayah lain misal ke Sutojayan, Bakung dan Wates,” ungkap Marhaenis yang juga Wakil Bupati Blitar ini.

Selain menjadi kado ultah buat Megawati di hari jadinya yang ke-73, menanam pohon ini sekaligus memperingati HUT PDIP ke-47.
Penanaman pohon itu juga dihadiri Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi dan Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari.

Selain itu juga pengurus PDIP dari daerah lain, diantaranya pelaksana tugas Walikota Blitar, Santoso, Wawali Kota Batu, Punjul Santoso, Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Sahrul Alim dan sejumlah pengurus partai dari Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, saat Rakernas lalu, Megawati sempat menyoal bencana alam yang marak terjadi seperti kekeringan, banjir bandang mauoun tanah longsor. Termasuk jatubnya korban harta dan nyawa yang melayang.

“Karenanya Ibu Megawati Soekarno Putri dalam Rakernas tersebut mengajak segenap warga PDIP menanam sejuta pohon dan menjaga alam,” ungkap Kusnadi.

Penanaman dan penghijauan di Kabupaten Blitar juga bukan hanya di lahan hutan namun juga dilakukan di kampung dan lahan sekitar permukiman.

“Kami lakukan gotong royong dengan mengajak semua potensi yang ada di masyarakat,” tutur Kusnadi.

Bupati Blitar, Rijanto, menyambut baik langkah yang dilakukan para kader PDIP ini. Rijanto secara khusus juga mengucapkan selamat dan doa untuk Megawati. “Semoga Ibu Mega selalu sehat dan bersemangat mengawal perjuangan masyarakat,” ujar Rijanto.

Gerakan penanaman pohon itu juga diharapkan ikut mengatasi persoalan bencana alam yang terjadi setiap musim kemarau maupun penghujan di Kabupaten Blitar maupun di daerah lain sekitarnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polres Kota Blitar Gelar Binrohtal untuk Tingkatkan Keimanan Anggotanya

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pembinaan rohani dan mental atau biasa disingkat Binrohtal yang dilaksanakan Polres Blitar Kota sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas keimanan dan...

Serius Eksplorasi Panas Bumi, Bupati Pasaman Apresiasi PT. MGSu

PASAMAN, SMNNews.co.id - Pekerjaan pendahuluan dan eksplorasi potensi panas bumi di Bonjol, Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan PT Medco Geothermal Sumatera (MGSu) yang dianggap serius...

Penyerahan Bantauan Alat Bantu kepada Penyandang Disabilitas yang Dilakukan di Empat Kecamatan Berbeda oleh Bidang Rehabilitasi Sosial

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, dan tongkat ketiak kepada...