HomeBERITAWakil Bupati Pasaman Sebagai Inspektur Upacara Hari Santri Nasional

Wakil Bupati Pasaman Sebagai Inspektur Upacara Hari Santri Nasional

Pasaman, SMNNews.co.id – Wakil Bupati Pasaman Sabar AS Kamis (21/10) berpesan kepada santri pesantren ranah Pasaman untuk belajar dengan baik sebagai estafet pimpinan umat dan bangsa di masa mendatang.

Di samping itu, alumni siswa MTsN 2 Pasaman itu menegaskan Pemerintah Daerah siap memberikan dukungan besar terhadap misi dan tujuan dari tema Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 yakni “Santri siaga jiwa raga”, karena selaras dengan visi misi Pemeritah yang dipimpinnya bersama Bupati Benny Utama saat ini.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) hari santri di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Wabup menyampaikan sambutan resmi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengajak untuk bersyukur pesantren mendapatkan ‘kado indah’ dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan di lembaga tempat belajarnya generasi yang identik memakai kain sarung.

Disampaikannya juga, melalui tema santri siaga jiwa raga ini menjadi komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat’ lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Gusman Piliang mengucapkan rasa syukur dalam memperingati HSN tahun ini. Besar harapannya, akan kemajuan dunia pendidikan pondok pesantren khususnya di ranah Pasaman yang memiliki tokoh-tokoh agama dan ulama yang lahir dari pendidikan pesantren.

Menurutnya, dengan lahirnya Perpres tersebut, menunjukkan adanya I’tikad baik dan penghargaan dari pemerintah kepada santri. Pemerintah punya perhatian terhadap kemajuan mutu pnedidikan pesantren.

Ia juga berharap, dengan tema HSN menjadi komitmen dan tekad santri serta pondok pesantren khususnya di Pasaman untuk tumbuhnya semangat mempertahankan kemerdekaan negara dengan berakhlakul karimah dan memberikan kontribusi yang baik kepada bangsa dan negeri yang bervisikan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Dimomen istimewa ini, Wabup menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pesantren yang dinyatakan sebagai terbaik dan tercepat dalam penginputan data Emis. Juga penghargaan kepada madrasah-madarsah negeri dan swasta yang dinilai terbaik dalam data Emis. Pelaksana tugas Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren sulpan Amri menambahkan, sebagai pelaksana upacara adalah para santri dan upacara diikuti oleh pejabat-pejabat dan ASN lingkup Kemenag Pasaman, pimpinan pesantren, Kepala Dinas Pendidikan, Perbankan serta lainnya. (Mad)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...