HomeADVERTORIALWalikota Blitar Santoso Buka Kontes Bonsai Nasional, Yang Diharapkan Mampu Mendongkrak Ekonomi...

Walikota Blitar Santoso Buka Kontes Bonsai Nasional, Yang Diharapkan Mampu Mendongkrak Ekonomi Masyarakat Blitar

Walikota Blitar Santoso saat membuka pemeran dan kontes bonsai nasional dalam rangka memperingati bulan Bung Karno dan hari Koperasi Nasional ke 75

BLITAR, SMNNews.co.id – Pameran dan kontes bonsai nasional dalam rangka memperingati bulan Bung Karno dan hari Koperasi Nasional ke 75, pada Selasa (19/07/22) di halaman parkir PIPP jalan Soekarno Hatta.

Pameran dan kontes kali ini dengan mengambil tema “Kridho Hangudi Mulya”, kegiatan ini dimulai sejak tanggal15 hingga tanggal 24 juli mendatang. Acara ini diselenggarakan oleh Pecinta Penghobi Bonsai Indonesia (PPBI). Acara ini dibuka oleh Walikota Blitar Santoso dan kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekda Kota Blitar dan Mantan Bupati Blitar Herry Noegroho yang juga selaku dewan pembina PPBI Blitar Raya.

“Merawat tanaman bonsai dibutuhkan sentuhan yang memiliki nilai seni yang tinggi, selain itu merawat bonsai hingga membentuk sebuah keindahan juga memerlukan kesabaran dan ketlatenan, rata – rata pengobi bonsai adalah orang orang yang sabar dan telaten,” jelas Walikota.

Walikota Blitar Santoso saat menerima kenang-kenangan satu pohon bonsai dari panitia penyelenggara

Kontes bonsai secara nasional yang diikuti kontestan 500 lebih tanaman ini berasal dari penghobi bonsai se Jawa Timur. “Bonsai menjadi trend yang luar biasa saat dalam masa pandemi Covid 19, merawat bonsai selain sebagai penyaluran hobi juga bentuk mengisi kesibukan disaat Perintah melakukan Pembatasan Berskala Besar (PSBB). Ajang kontes ini juga sebagai wadah bagi pegiat tanaman yang di kerdilkan atau tanaman berbentuk unik dan menarik ini,” ucap Santoso.

Masih ujar orang nomor satu di Pemkot Blitar, bonsai Blitar Raya sebenarnya sudah berhasil menembus pasar dunia, bahkan pohon bonsai Blitar patut diperhitungkan terutama oleh negeri matahari terbit yakni Negara Jepang. “Oleh karenanya agar tetap menjaga kualitas bonsai Blitar saya berpesan agar paguyuban ini selain mengadakan ivent, PPBI juga memberikan edukasi berupa pelatihan kepada masyarakat tentang tehnik, mencetak dan merawat tanaman bonsai agar memiliki sebuah karya seni dan hasilnya laku dijual dengan harga tinggi,” pungkas Walikota Santoso.

Sebelum melakukan pemotongan pita, pada siang itu Walikota Blitar Santoso memberikan cindera mata berupa replika patung Bung Karno dan dari pihak panitia penyelenggara Walikota menerima kenang-kenangan satu pohon bonsai. Walikota Blitar juga meninjau stand pameran dan kontes di dipan kantor PIPP Kota Blitar. Selain itu Walikota Blitar Santoso juga menyematkan pin tanda bonsai favorit pilihan Walikota. (adv/kmf/bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kabag Kesra Kabupaten Asahan Laporkan Pelaksanaan Manasik Haji Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...

Police Go To School, Polres Blitar Kota Ajarkan Tata Cara dan Etika Berlalu Lintas Sejak Dini pada Pelajar

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar Kota melaksanakan diseminasi keselamatan melalui kegiatan Police Go To School di sekolah sekolah. Kali ini sasaran diarahkan pada...

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Buka Manasik Haji

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, membuka secara resmi Manasik Haji 1445 H/2024 M Pemerintah Kabupaten Asahan di Pendopo...