HomeJAWA TIMURKEDIRI7 TIPS HEBAT MEMBANGUN JARINGAN BISNIS YANG KUAT

7 TIPS HEBAT MEMBANGUN JARINGAN BISNIS YANG KUAT

Edit Suwantara, S.E.

Kediri, Suaramedianasional.co.id – Bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking adalah sebuah hal yang mustahil. Kenyataannya, setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri. Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah perusahaan memiliki banyak jaringan, diantaranya, mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, dapat menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis. Lantas jika sebagai pemilik usaha, Anda ingin mengembangkan bisnis lebih jauh dengan memperkuat jaringan, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya? Mari kita simak beberapa tips di bawah ini.

Perbanyak Kenalan

Banyak pelaku bisnis sukses dalam membangun jaringan bisnis yang kuat yang berawal dari sebuah perkenalan. Mengikuti acara seminar, workshop, atau berbagai acara lain di mana memberikan Anda peluang untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda merupakan kesempatan Anda untuk memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru untuk mengembangkan bisnis.

Lakukan Duplikasi

Duplikasi adalah proses meniru langkah dan strategi orang-orang sukses yang berjaya pada bisnis yang sama untuk memperoleh jaringan bisnis dengan diiringi pengembangan keahlian dalam diri Anda. Ingin jaringan bisnis Anda berkembang dengan baik? Lakukan duplikasi dengan benar dan bertahap.

Tukar Kartu Nama

Kartu nama merupakan alat penting yang menjadi identitas Anda untuk memperluas jaringan bisnis. Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Kegiatan bertukar kartu nama walau nampak sederhana tetap akan memberikan dampak yang sangat besar. Kartu nama merupakan sumber informasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda.

Beri Dukungan ke Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya Anda akan menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, begitu pula dengan rekan bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah jaringan bisnis yang kuat, maka sediakan waktu untuk saling memberi dukungan pada partner Anda. Dengan saling membantu, secara otomatis, Anda akan memperoleh kedekatan.

Miliki Aktivitas Sharing

Saat Anda menguasai suatu bidang, Anda dapat membaginya dengan yang lain. Karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat Anda merugi. Anda dapat berbagi dalam sebuah workshop, forum yang sifatnya online, social media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi Anda untuk berbagi dengan baik. Dengan begitu, Anda akan membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang Anda bagikan.

Gunakan Sosial Media

Saat ini, setiap orang terhubung lebih dekat melalui social media. Anda juga bisa menggunakan social media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis Anda. Misalnya jika Anda menjual produk dapur, Anda bisa mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu-ibu lainnya yang ada di social media.

Ikuti Perkumpulan

Sebuah peluang akan lebih banyak didapatkan saat memutuskan untuk mengikuti suatu perkumpulan atau organisasi. Bergabung dalam komunitas maupun perkumpulan merupakan cara yang dinilai efektif untuk membangun jaringan bisnis. Melalui sebuah perkumpulan maupun forum bisnis, Anda akan memiliki peluang untuk mengenal banyak pelaku bisnis dengan berbagai jenis bisnisnya.

Jika 7 tips memperkuat jaringan bisnis di atas sudah berhasil dikuasai dan bisnis Anda sudah meningkat dengan pesat, maka jangan lupa untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik agar bisnis tetap berjalan.(edt)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....